Warga Lamandau diingatkan cek kondisi rumah sebelum mudik

id Lamandau,Polres Lamandau,Kapolres Lamandau,Andhika Kelana Wiratama

Kapolres Lamandau AKBP, Andika K Wiratama, berikan himbauan kepada penumpang kendaraan angkutan umum, di Lamandau, kemarin. (Foto humas Polres Lamandau)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Kapolres Lamandau Kalimantan Tengah, AKBP Andhika Kelana Wiratama, mengingatkan kepada seluruh warga setempat agar terlebih dahulu mengecek kondisi keamanan rumah sebelum melakukan mudik jelang lebaran tahun ini.

Hal itu sangat diperlukan sebagai upaya waspada terhadap aksi pencurian yang rawan terjadi saat rumah dalam kondisi kosong atau tidak berpenghuni, kata Andhika, di Nanga Bulik, Kamis.

Berhubung banyaknya warga kita yang sedang melakukan libur panjang maupun mudik lebaran, kita (Polres Lamandau) mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Lamandau agar selalu waspada terhadap aksi pencurian rumah kosong yang sedang ditinggalkan penghuninya," kata Andhika.

Pria berpangkat dua melati tersebut menambahkan, aksi kejahatan dengan mengincar rumah kosong sudah bukan kasus baru lagi, karena kasus pencurian rumah kosong ini sudah banyak terjadi di daerah lain, sebelum melancarkan aksinya, pelaku terlebih dulu akan mempelajari situasi dan kondisinya sebelum mereka melakukan aksi kejahatannya.

Dia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan Polres Lamandau dalam mencegah pencegah pencurian, maka kepada warga yang hendak meninggalkan rumah untuk berlibur bersama keluarga, dan mudik lebaran kita menyarankan kepada warga setempat, lebih baik agar bisa menitipkan rumahnya kepada pihak keluarga maupun tetangga sekitar. 

"Setiap warga yang akan bepergian ke luar kota agar tidak lupa untuk memastikan bahwa kondisi rumah yang akan ditinggalkan dalam keadaan aman, yakni dengan mematikan kompor, mencabut tabung gas, dan juga aliran listrik yang masih menyala," kata Adhika.

Bagi warga setempat yang tidak melakukan mudik lebaran maupun liburan diharapkan agar dapat bekerja sama menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitarnya, termasuk agar dapat membantu mengawasi rumah tetangga yang sedang ditinggal bepergian.

"Kami harapkan agar warga setempat dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian, segera laporkan bila ada tanda-tanda yang mencurigakan, hal ini kita lakukan agar supaya rasa aman dan nyaman agar tetap selalu terjaga dan senantiasa dalam keadaan kondusif," demikian Andhika.

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar