Pria perlu konsumsi ini untuk penuhi nutrisi

id pria,nutrisi pria,yogurt,kacang,salad buah

Pria perlu konsumsi ini untuk penuhi nutrisi

Yogurt (foto: iStock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Nutrisi yang dibutuhkan pria berbeda dengan wanita. Agar terhindar dari beragam penyakit kronis, pria perlu mengasup nutrisi penting. 

Menurut CDC (Centres for Deseas Conteol and Prevention) kematian pada pria di Amerika lebih banyak disebabkan oleh penyakit seperti diabetes, jantung, kanker dan stroke. 

Dikutip dari usnews (14/6), pria sangat dianjurkan untuk konsumsi beberapa jenis makanan yang diyakini mampu kurangi risiko penyakit tersebut. Beberapa makanan ini mengandung nutrisi yang baik dikonsumsi pria agar terhindari dari penyakit kronis tersebut. 

1.Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah kaya akan protein. Selain itu juga mengandung lemak tak jenuh serta kaya mineral dan serat. Mampu menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah serta risiko kanker. Karenanya sangat baik dikonsumsi tiap hari. Masukkan dalam menu harian agar mendapatkan mandaat nutrisi maksimal. 

2.Ikan Tuna 
Penyakit jantung merupakan pembunuh no.1 pada pria. Karenanya asupan nutrisi dari ikan terutama ikan tuna sangat dianjurkan. Selain tuna ikan laut juga kaya akan asama lemak omega 3 yang mampu mencegah plak pada pembuluh darah pada jantung. Dianjurkan oleh American Heart Association untuk mengonsumsi ikan laut minimal 200 gram setiap minggu. Sebaiknya ikan diolah dengan cara sehat seperti dipepes, dibakar atau dipanggang. 

3. Sayuran 
Pria berbadan gemuk umumnya punya risiko lebih tinggi akan diabetes tipe 2. Cara yang terbaik untuk menghindari adalah dengan menurunkan berat badan. Menurut riset hanya mengurangi 7% berat badan bisa mencegah diabetes. 

Konsumsi rutin dayuran setiap hari dalam bentuk sup atau tumisan atau sayuran segar sangat dianjurkan. Sayuran akan memberi asupan serat, mineral dan vitamin. Juga memberi rasa kenyang lebih lama. Makin beragam sayuran akan makin baik karena makin beragam nutrisi yang diasup. 

4. Salad sayuran dan buah 
Rekomendasi Amercan Institute for Cancer Reseach, menu kaya akan sayuran dan buah segar serat kacan-kacangan efektif mencegah kanker. Selalu tambahkan sayuran pada makanan yang dikonsumsi tiap hari. Selain kalorinya rendah juga bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Terutama bisa mengurangi risiko kanker prostat yang paling banyak dialami pria. Konsumsi sayuran dalam bentuk salad dengan paduan buah dan gunakan saus minyak olive. 

5. Yogurt 
Untuk menurunkan risiko serangan stroke yang banyak dialami kaum pria, sebaiknya dijaga agar tekanan darah tetap stabil. Asupan potassium sangat dianjurkan. Karena apotassium mampur membuang kelebihan sodium dalam tubuh yang bisa menaikkan tekanan darah. Sebagian besar pria kurang mengasup pottasium. Mineral ini banyak terdapat dalam yogurt. Konsumsi yogurt tawar secara ritin sangat dianjurkan. (odi/odi)