Gibran sebut menu makan bergizi gratis bisa diganti, asal nutrisi terpenuhi

id Gibran Rakabuming,makan bergizi gratis ,makan siang gratis

Gibran sebut menu makan bergizi gratis bisa diganti, asal nutrisi terpenuhi

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan siswa saat meninjau uji coba pelaksanaan program makan bergizi gratis di SDN 4 Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024). Program makan bergizi gratis yang merupakan program unggulan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 tersebut sebagai upaya mengurangi gizi buruk dan mempersiapkan generasi emas Indonesia. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Tangerang (ANTARA) -
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan menu makan bergizi gratis bagi siswa bisa diganti dari nasi menjadi lainnya seperti nasi yang terbuat dari jagung, asalkan terpenuhi nutrisi gizinya.

"Gak harus nasi setiap hari, bisa diganti mie dan yang terbuat dari jagung. Intinya harus terpenuhi nutrisi gizinya," kata  Gibran Rakabuming Raka usai memantau uji coba makan bergizi gratis di SDN 4 Tangerang, Banten, Senin.

Gibran menekankan agar setiap menu yang disajikan sesuai dengan ketetapan yang telah dibuat, yakni terpenuhinya gizi bagi anak karena itu adalah tujuan utamanya.

Baca juga: Gibran sebut biaya makan gratis di tiap daerah berbeda

Misalnya, kata dia, saja di Kota Tangerang setiap jenis menu makanan sudah tertera hitungan gramasi sehingga bisa menjadi acuan juga bagi yang lainnya. Kemudian susu yang diberikan juga telah sesuai yakni untuk menekan diabetes pada anak.

"Semua ini adalah berkat dari aspirasi para ahli dan orang tua serta evaluasi simulasi uji coba sebelumnya," kata Gibran.

Baca juga: Gibran Rakabuming pantau uji coba makan gratis di Kota Tangerang

Ia menegaskan telah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan (Menkeu) terkait pelaksanaan program ini dan siap dilaksanakan. "Untuk keuangan sudah aman dan sekarang fokus eksekusi di lapangan," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut nasi jagung bisa menjadi opsi bahan pokok menu dalam program makan siang gratis yang digagas pasangan presiden-wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Presiden terpilih Prabowo yakin APBN mampu biayai program makan siang gratis