Tujuh rumah di Buntok ludes terbakar

id kebakaran rumah,rumah di buntok,rumah terbakar

Tujuh rumah di Buntok ludes terbakar

Peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Kaladan, Gang Palapa VI Buntok yang menyebabkan tujuh rumah ludes terbakar, di Buntok, Rabu (18/7)(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Sebanyak tujuh rumah di Jalan Kaladan Gang Palapa VI, Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah ludes terbakar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara, di Buntok, Rabu, api membakar dua deret bangunan barak sewaan dan lima rumah warga itu sekitar pukul 09.00 WIB.

Api dengan cepat menghanguskan barak dan rumah warga yang terbuat dari bahan kayu di kawasan padat penduduk itu.

"Saya tadi sedang berada di tempat tetangga yang akan mengadakan syukuran, dan terdengar suara. Setelah itu anak saya memberitahukan bahwa ada api," kata salah seorang warga Jalan Kaladan Gang Palapa VI, Vita.

Setelah diberitahu anaknya itu, dia keluar rumah dan melihat api sudah besar membakar bangunan itu.

"Asal api sepertinya dari barak milik H. Yadi yang disewa oleh Imai, dan kita tidak mengetahui dengan pasti penyebab kebakaran itu," ucapnya.

Informasi dari warga lainnya, saat kebakaran, Imai bersama istrinya sedang tidak berada di tempat.

"Pada saat kebakaran, Imai sedang bekerja dan istrinya sedang menjemput anak ke sekolah," ucap Birhasani, warga lainnya.

Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Barito Selatan Eddy Purwanto mendapat informasi kebakaran sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung menurunkan petugas dengan enam mobil pemadam dengan total kapasitas 14 ribu liter air untuk memadamkan api.

Sebanyak dua mobil penyuplai air juga diturunkan guna mendukung petugas dalam pemadaman kobaran api.

Pihaknya juga didukung personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, dan pemadam swadaya milik Plaza Beringin Buntok untuk menangani musibah tersebut.

Atas kerja sama itu, urang lebih satu jam kemudian api bisa dipadamkan sehingga tidak menjalar ke rumah warga lainnya di kawasan padat penduduk itu.

Ia menyampaikan tidak ada korban jiwa. Sebanyak dua deret bangunan sewa terdiri atas 17 pintu, 10 pintu terbakar, sedangkan lima rumah warga yang berdekatan dengan barak juga ikut terbakar.

"Asal api diduga dari percikan kompor gas, dan untuk detailnya pihak kepolisian sedang menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran ini," ujarnya.

Ia mengimbau warga untuk antisipasi dan waspada kebakaran.

Sejumlah warga mengapresiasi kesigapan petugas pemadam kebakaran Barito Selatan karena bekerja dengan cepat.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada pemadam kebakaran, meskipun jalan menuju lokasi kebakaran sempit, akan tetapi dengan kesigapan mereka, api dengan cepat dipadamkan," kata Ipul, salah seorang warga Jalan Kaladan, Gang Palapa VI.