Pemkab Kotim siapkan anggaran untuk mendukung program TMMD

id Pemkab Kotim siapkan anggaran untuk mendukung program TMMD,TNI,Kodim 1015 Sampit

Pemkab Kotim siapkan anggaran untuk mendukung program TMMD

Kodim 1015 Sampit melaksanakan program TMMD tahun 2017 di Desa Wana Tirta Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Seruyan. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mendukung program Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD dan akan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tersebut.

"Kami mendukung program ini, makanya kami meminta instansi terkait segera mempersiapkannya. Saya harap paling lambat September nanti bisa dimulai. Kegiatannya selama 100 hari," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Sabtu.

Menurut dia, TMMD bukan sekadar program rutin yang dilaksanakan TNI, melainkan kegiatan yang membawa manfaat bagi masyarakat. Program ini sejalan dengan tekad pemerintah daerah yang terus meningkatkan pembangunan infrastruktur perdesaan.

Dalam program TMMD, pemerintah daerah menyiapkan anggaran, sedangkan pembangunannya dilaksanakan oleh Kodim 1015 Sampit bersama masyarakat. Infrastruktur yang dibangun berupa jalan, jembatan, perbaikan atau pembangunan rumah ibadah, kantor desa dan lainnya, sesuai kebutuhan di desa tempat pelaksanaan.

Bagi pemerintah daerah, program TMMD sangat membantu karena banyak pembangunan yang bisa dilaksanakan dan dapat menghemat anggaran. Biaya yang dikeluarkan dibanding hasil pembangunan yang didapat, dinilai lebih murah dibanding jika pelaksanaannya dikerjakan oleh rekanan melalui sistem lelang.

Pembangunan melalui program TMMD mengedepankan kemanunggalan atau kebersamaan TNI dan rakyat. Semangat itu yang digelorakan TNI dalam membangun desa bersama seluruh lapisan masyarakat.

Rencana pengalokasian anggaran untuk program TMMD ini juga disampaikan Halikinnor saat memimpin rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran?atau TEPRA di Sampit, Jumat (3/8) kemarin. Halikinnor meminta dukungan untuk program TMMD di Kotawaringin Timur segera direalisasikan.

"Saya minta segera saja dipersiapkan pelaksanaannya. Kalau tim memang perlu studi banding ke Lamandau, segera saja laksanakan itu supaya program TMMD tahun ini bisa dilaksanakan," ujar Halikinnor.

Saat ini masih banyak infrastruktur di perdesaan Kotawaringin Timur yang harus dibangun atau ditingkatkan, sementara anggaran yang dimiliki terbatas. Untuk itu, pemerintah daerah menerapkan skala prioritas dengan mendahulukan rencana pembangunan yang lebih mendesak.

Program TMMD menjadi salah satu solusi yang bisa dilaksanakan dengan dukungan Kodin 1015 Sampit. Karena itulah Halikinnor berharap tahun ini program TMMD bisa dilaksanakan di Kotawaringin Timur.