Bendera Merah Putih 300 meter dibentang di Sungai Barito

id bendera merah putih,sungai barito,kemerdekaan,hut ri

Bendera Merah Putih 300 meter dibentang di Sungai Barito

Bendera Merah Putih sepanjang 300 meter dibentangkan melintasi Sungai Barito di Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru, Senin. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Bendera merah putih sepanjang 300 meter dengan lebar 230 sentimeter dibentang melintas di Sungai Barito di wilayah Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI tahun 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk menambah gelora kebangsaan dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018, kata Bupati Barito Utara Nadalsyah di Muara Teweh, Senin.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Bupati Nadalsyah juga Ketua DPRD Set Enus Y Mebas, Wakil Bupati Ompie Herby,Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya.

Hal ini, kata dia,agar masyarakat kita tetap menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme serta mensuksesan Asean Games 2018 dan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

"Kemerdekaan bukan hanya untuk menghilangkan kolonialisme atau penjajahan, tetapi juga meneruskan kerja keras para pendahulu kita, baik itu melalui bidang pendidikan, bidang pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat kita," katanya.

Bupati Nadalsyah mengatakan hal ini dalam artian masyarakat dan pemerintah agar bisa bersama-sama berjuang mempertahankan, meningkatkan serta menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Dia juga berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat jiwa juang dan cinta tanah air. Terlebih kepada generasi muda, generasi penerus pejuang yang nantinya pasti akan melanjutkan pembangunan dimasa-masa akan datang khususnya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

"Untuk itu saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara menghimbau kepada semua untuk selalu menjaga ketertiban, ketentraman dan keamanan dilingkungan masing-masing, selalu waspada terhadap isu-isu yang dapat memecah persatuan dan kesatuan, serta wawasan kebangsaan harus terus kita mantapkan demi persatuan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI," ucapnya.

Pada kesematan itu juga Nadalsyah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 300 meter di Sungai Barito ini.

"Melalui kegiatan ini saya sebagai kepala daerah mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Barito Utara untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan serta saling hormat menghormati antar sesama pemeluk agama, antar suku dan golongan sehingga suasasa damai dan kondusif selalu terjaga dan terbina di Bumi Iya Mulk Bengkang Turan sesuai dengan semboyan `Bhinika Tunggal Ika" kata Nadalsyah.

Sementara Waka Polres Barito Utara Kompol Agus Dwi Suryanto mengatakan pembentangan Bendera Merah Putih yang membelah Sungai Barito ini sepanjang 300 meter, secara serentak di Kalteng.