Imunisasi MR dilaksanakan di SMAN 1 Muara Teweh

id imunisasi mr,sman 1 barut,dinkes barut,vaksin

Imunisasi MR dilaksanakan di SMAN 1 Muara Teweh

Seorang Siswa SMAN 1 Muara Teweh ketika mengikuti imunisasi Measles Rubella (MR) di sekolah setempat di Muara Teweh, Jumat. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melaksanakan imunisasi Measles Rubella (MR) di SMAN 1 Muara Teweh, Jumat.

Kegiatan imunisasi MR ini diikuti sebanyak 171 orang terdiri dari laki-laki 66 orang dan perempuan 105 orang dengan dihadiri Plt Kepala Dinkes Barito Utara, Siswandoyo.

Siswandoyo mengatakan imunisasi MR ini perlu dilaksanakan kepada anak berusia sembilan bulan sampai? umur 15 tahun untuk memberikan kekebalan tubuh (Imunitas) terhadap penyalit Measles Rubella.

Imunisasi MR ini dalam upaya pencegahan dan menurunkan angka kesakitan serta kematian bayi, balita dan remaja yang disebabkan oleh virus Measles Rubella.

"Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian Rubella/Congenital Rubella Syndrome (CSR) pada tahun 2020," tambahnya.

Menurutnya berdasarkan hasil surveilans dan cakupan imunlsasl maka imunisasi campak rutin saja belum cukup untuk mencapai target imunisasi campak.

Sedangkan untuk akselerasi pengendalian rubella/CSR maka perlu dilakukan imunisasi tambahan sebelumnya.

Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Penyakit campak sangat berbahaya jika disertai komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan dapat berakibat fatal yaitu kematian.

"Campak juga sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan kelompok/herd immunity tidak terbentuk. Ketika seseorang terkena campak 90 persen orang yang berinteraksi erat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap campak. Seseorang dapat kebal jika telah di imunlsasi atau terinfeksi virus campak," jelas dia.

Sementara Kepala SMAN 1 Muara Teweh, Razikinnor mengatakan bahwa kegiatan imunisasi MR ini dirasa perlu dengan imunisasi ini dan adanya permintaan dari orang tua siswa.

"Maka dari itu pelaksanaan imunisasi kita lakukan pada hari Jumat (31/8) di SMAN 1 Muara Teweh," lanjut dia.

Menurutnya pihak SMAN 1 Muara Teweh pada prinsipnya mendukung kegiatan imunisasi MR ini demi kesehatan anak didik sebagai generasi penerus untu menggantikan personil ataupun pejabat-pejabat yang masuk masa pensiun.

"Dan mereka ini lah sebagai generasi penerus untuk Kabupaten Barito Utara," ujarnya.