DPRD Seruyan dukung Pemkab dirikan Samsat di kecamatan

id DPRD Seruyan, Wakil Ketua DPRD, M Erwin Toha

DPRD Seruyan dukung Pemkab dirikan Samsat di kecamatan

Wakil Ketua DPRD Seruyan M Erwin Toha. (Istimewa)

Kuala Pembuang, (Antaranews Kalteng) - DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendukung rencana pendirian Kantor Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap di kecamatan yang akan dilakukan pemerintah setempat.

"Rencana pendirian Kantor Pelayanan Samsat di kecamatan sangat bagus sekali, karena itu perlu kita dukung," kata Wakil Ketua DPRD Seruyan, M Erwin Toha di Kuala Pembuang, Jumat.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan, pendirian Kantor Pelayanan Samsat di kecamatan harus dilakukan dari dulu, karena selama ini banyak masyarakat, khususnya yang berada di wilayah tengah dan hulu Seruyan sangat sulit mengakses pelayanan Samsat yang berada di Kuala Pembuang.

Selain itu, layanan mobil Samsat keliling juga belum efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena pelayanan hanya diberikan pada waktu tertentu sehingga tidak dapat diakses setiap saat oleh masyarakat.

Sulitnya mengakses pelayanan Samsat tersebut membuat sebagian besar masyarakat Seruyan yang berada di kecamatan jauh dari Kuala Pembuang memilih menyelesaikan urusan kesamsatan seperti surat dan pajak kendaraan bermotor ke Kantor Samsat di kabupaten lain seperti Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kotawaringin Barat (Kobar).

Kemudian, banyaknya masyarakat yang menyelesaikan pajak kendaraan ke kabupaten lain membuat Seruyan kehilangan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor.

"Jadi dengan mendirikan Samsat di kecamatan diharapkan dapat mendekatkan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan di sisi lain dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah," katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan, Haryono mengatakan, untuk tahap awal Kantor Pelayanan Samsat akan didirikan di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

"Lahan untuk membangun Kantor Samsat sudah kita siapkan. Tapi kalau memang perlu cepat Kantor Pelayanan Samsat untuk sementara bisa menggunakan bangunan atau gedung di Kantor Kecamatan Hanau," katanya.

Kantor Samsat didirikan di Hanau untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat di wilayah tengah dan hulu Seruyan yang selama ini kesulitan mengakses pelayanan Samsat karena lokasinya yang jauh dari Kantor Samsat di Kuala Pembuang.

"Secara geografis Kecamatan Hanau ini letaknya lebih dekat dengan kecamatan yang berada di wilayah tengah dan hulu, karena itu Kantor Samsat kita dirikan di sana agar pelayanan menjadi lebih dekat dan mudah diakses masyarakat," katanya.