Apple tak lagi produksi iPhone X, iPhone 6s, dan iPhone SE

id Apple tak lagi produksi iPhone X, iPhone 6s, dan iPhone SE

Apple tak lagi produksi iPhone X, iPhone 6s, dan iPhone SE

Ilustrasi - iPhone (CNet)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Apple resmi mengumumkan peluncuran tiga seri terbarunya untuk tahun ini, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR, pada Rabu (12/9) lalu.

Biasanya, setelah Apple meluncurkan seri terbarunya maka model-model sebelumnya akan mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Namun kali ini hal tersebut tidak terjadi.

iPhone X yang dirilis pada November tahun lalu sudah resmi dihentikan produksinya. Tahun ini Apple mengambil sedikit resiko dengan menjual iPhone X dengan harga yang lebih murah. Seri terbarunya, iPhone XR, disebut merupakan "produk hemat" dalam sisi desain, tampilan, dan kamera.

Selain iPhone X, iPhone 6s pun akan dihentikan sepenuhnya. Tak heran, mengingat umurnya yang sudah "cukup tua".

Baca juga: Situs resmi Apple tidak bisa dibuka, kenapa?

Sayangnya, dihentikannya produksi iPhone SE mungkin akan paling terasa terutama karena tidak ada pengganti iPhone seri ini. Seri SE pertama muncul saat ponsel berukuran kecil menjadi pilihan untuk digunakan, yang membuat seri ini populer meskipun belum secanggih seri sekarang.

iPhone 7 dan iPhone 8, menjadi iPhone dengan ukuran paling kecil yang masih dapat ditemukan di pasaran.

iPhone 6s dan iPhone SE juga menjadi iPhone terakhir dengan lubang jack 3.5mm, terlebih setelah Apple resmi mengumumkan bahwa ia tidak lagi memproduksi adapter 3.5mm, demikian dilaporkan Phone Arena.

Baca juga: Intip spesifikasi dan kisaran harga dari iPhone XS, XS Max dan XR

Penerjemah Rizky Aulia Ramadhian