Kenali jenis ikan yanag aman dikonsumsi anak

id ikan,jenis ikan,Salmon Nila Tuna Sarden Lele Cakalang,Kenali jenis ikan yanag aman dikonsumsi anak

Ilustrasi (pixabay)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Tidak semua jenis ikan aman untuk dikonsumsi oleh anak. Beberapa jenis ikan diketahui mengandung metilmerkuri dan polychlorinated biphenyl (PCB), dua jenis zat kimia beracun dan berbahaya. Jika masuk ke dalam tubuh, maka zat tersebut dapat merusak otak dan sistem saraf anak.

Maka itu, jangan sembarang memberikan ikan untuk anak. Beragam jenis ikan untuk anak yang aman dikonsumsi di antaranya:

  • Salmon
  • Nila
  • Tuna
  • Sarden
  • Lele
  • Cakalang

Anda mungkin sering memilih ikan tuna kalengan yang lebih praktis dan mudah dimasak. Namun hati-hati, tuna kalengan sering kali mengandung tinggi merkuri. Ketimbang memilih ikan kalengan, sebaiknya pilihlah ikan segar, seperti yang disebutkan di atas, supaya lebih aman untuk kesehatan anak dan keluarga Anda.

Baca juga: Porsi yang pas untuk anak konsumsi ikan

Selain memilih jenis ikan untuk anak, cara memasak ikan juga dapat memengaruhi sehat atau tidaknya ikan yang Anda sajikan untuk keluarga. Sebelum mulai memasak ikan, sebaiknya hilangkan dulu kulit dan lemak pada ikan untuk mengeluarkan racun yang terperangkap di bawahnya.

Supaya semakin sehat, masak ikan dengan cara dipanggang atau dibakar untuk mengurangi jumlah lemak. Hindari menggoreng ikan karena dapat menambah asupan kalori dan lemak yang tidak baik untuk kesehatan anak.

Jika si kecil masih tidak mau makan ikan, tak perlu panik atau tarik urat dulu, ya. Berikan porsi ikan sedikit demi sedikit pada menu makanan anak dan biarkan si kecil mengeksplorasi selera makannya. Anda juga bisa mengolahnya ke dalam berbagai jenis makanan, misalnya membuat nugget ikan atau ikan goreng tepung untuk menarik perhatian anak supaya mau makan ikan.


sumber:hellosehat.com


Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar