Satpol PP sebar personil di 18 desa jelang Pilkades

id kabupaten lamandau,satpol pp lamandau,pilkades lamandau,Triadi ,Kepala Satpol PP dan Damkar Lamandau,Kepala BPMD Lamandau,Muriadi

Satpol PP sebar personil di 18 desa jelang Pilkades

Anggota Satpol PP dan Damkar Lamandau saat diberikan pengarahan dan pembekalan dalam rangka pengamanan Pilkades di Kantor Satpol PP dan Damkar Lamandau. Senin (8/10/18). (Foto Antara Kalteng/Koko Sulistyo)

Sejauh ini koordinasi sudah dilakukan pihak terkait untuk meminta bantuan personil sebanyak 36 orang
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Lamandau, akan menempatkan anggotanya di 18 Desa dari 8 kecamatan untuk membantu pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, 10 Oktober 2018 mendatang.

Rencananya, Pol PP dan Damkar Lamandau akan menempatkan sebanyak dua orang anggotanya ditiap - tiap desa, mereka akan di bantu dari Kepolisian dan Linmas setempat, kata Kepala Satpol PP dan Damkar Lamandau, Triadi Senin (8/10/18) pagi.

"Sejauh ini koordinasi sudah dilakukan pihak terkait untuk meminta bantuan personil sebanyak 36 orang," ujarnya.

Sebelum ini personil Satpol PP Lamandau sudah diberikan pengarahan dan pelatihan oleh penyelenggara pemilihan kepala desa terkait cara mengamankan pelaksanaan Pilkades. Hal itu dipandang perlu sebagai langkah untuk membantu pengamanan serta suksesnya pelaksanaan Pilkades serentak sebagai salah satu agenda besar Pemkab Lamandau.

Triad mengatakan, satPol PP dan Damkar Lamandau bukan hanya siap untuk berkoordinasi dalam mengamankan Pilkades, tetapi juga siap berkoordinasi dengan semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), karena tugas dan fungsi pokok Satpol PP adalah menegakkan Peraturan Daerah (Perda).

"Kami siap dalam menjalankan tugas, fungsi, pokok kita dalam menegakkan Perda Kabupaten Lamandau," ujar mantan Kabag Pemerintahan Setda Lamandau ini.

Sementara itu, kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Lamandau, Muriadi mengatakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan Pilkades pihaknya sudah memberikan pembekalan dan pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Satpol PP.

"Selain Pilkades kita juga menghadapi agenda besar pemilihan Pilpres pada tahun depan, Menjadi keinginan kita bersama pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan aman dan lancar," demikian Muriadi.