Ternyata belimbing miliki manfaat untuk kesehatan

id belimbing,kesehatan,manfaat,buah,jantung,Ternyata belimbing miliki manfaat untuk kesehatan

Ternyata belimbing miliki manfaat untuk kesehatan

Buah belimbing (pixabay)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Belimbing adalah salah satu jenis buah yang tidak kenal musim, bahkan buah ini bisa ditemui sepanjang tahun

Selain mudah didapatkan, belimbing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah berbentuk bintang ini memiliki kandungan vitamin A dan C, potasium, magnesium, sodium, kalsium, serat serta karbohidrat.

Belimbing juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang besar. Untuk lebih mengetahui apa saja manfaat dari belimbing, berikut ini adalah beberapa penjelasannya sebagaimana dilansir Boldsky, Selasa.

1. Mencegah kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa belimbing adalah buah antikanker yang kuat. Buah ini mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh yang pada gilirannya dapat mencegah kanker hati.

Selain itu, belimbing juga mengandung sejumlah besar serat yang membantu membersihkan usus besar sehingga menurunkan resiko kanker usus besar.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang hadir dalam belimbing berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan batuk, demam dan sakit tenggorokan secara efektif.

Menambahkan belimbing pada smoothie di pagi hari dapat meningkatkan produksi sel darah putih.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat dan quercetin yang membantu mengatasi stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengonsumsi belimbing juga dapat memulihkan proses penuaan dan bagus untuk pertumbuhan rambut.

4. Ramah untuk penderita diabetes

Kehadiran serat dalam belimbing dapat memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah setelah makan.

Selain itu, belimbing juga membantu dalam mengontrol kadar insulin tubuh sehingga buah ini ramah pada penderita diabetes.

5. Menurunkan berat badan

Satu buah belimbing hanya mengandung 31 kalori. Serat yang ada dalam buah ini juga akan membuat perut Anda kenyang. Hal tersebut membantu dalam mengurangi kelebihan berat badan. 

6. Menjaga kesehatan jantung

Belimbing memiliki jumlah potasium dan natrium yang baik sehingga dapat membantu dalam menjaga tekanan darah.

Tingkat tekanan darah yang normal sangat penting untuk menjaga jantung berfungsi dengan baik dan memastikan detak jantung teratur serta aliran darah yang sehat.