Diskominfo berharap SKPD proaktif sampaikan data sektoral

id diskominfo kalteng,kalimantan tengah,herson b aden, Persandian dan Statistik Kalteng,kepala diskominfo kalteng

Diskominfo berharap SKPD proaktif sampaikan data sektoral

Kepala Diskominfo Kalteng Herson B Aden dan sejumlah admin dari masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov foto bersama usai pembukaan penginputan data statistik sektoral, di Palangka Raya, Selasa (16/10/18). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, diminta lebih proaktif menyampaikan secara berkala sekaligus memantau data sektoral yang telah tercantum di website satudata.Kalteng.go.id.

Data sektoral itu pun jangan hanya diserahkan begitu saja kepada admin satudata.kalteng.go.id tanpa ada pemantauan dari perangkat horizontal maupun vertikal di masing-masing SKPD, kata Kepala Dinas, Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng Herson B Aden, saat penginputan data statistik sektoral dari SOPD di lingkungan Pemprov, Palangka Raya, Selasa.

Menurut dia, kalau yang mengisi admin, yang melihat pun hanya admin, ya tidak ada guna. Itu kenapa penekanan kami seluruh perangkat horizontal maupun vertikal di masing-masing SKPD mengetahui data sektoral yang akan dan telah disajikan.

Diskominfo Kalteng setiap bulan melatih admin di masing-masing SKPD untuk mengisi data sektoral ke website satudata.kalteng.go.id. Hanya, aktifnya pemberian pelatihan tersebut akan kurang optimal tanpa adanya dukungan dari pejabat SKPD di lingkungan Pemprov Kalteng.

"Kami belum dapat menyosialisasikan secara optimal keberadaan website satudata.kalteng.go.id ke sekolah-sekolah ataupun lainnya. Sebab, sampai sekarang ini data sektoral yang dimasukkan dalam website tersebut dianggap masih kurang optimal," katanya.

Jadi, kata dia, sangat mengharapkan proaktif untuk menyampaikan data sektoral tersebut secara berkala. Itu penting agar satudata.kalteng.go.id menjadi data yang kuat bagi provinsi Kalteng.

Herson mengatakan apabila data sektoral yang dimiliki masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov sudah kuat, maka akan menjadi acuan bagi kabupaten/kota.

"Apalagi arti provinsi jika data di tingkat kabupaten/kota masih lemah. Data provinsi itu kan sebagian besar juga berasal dari kabupaten/kota," ujarnya.