Sukseskan Porprov, Pemkab Barut tingkatkan jaringan telekomunikasi

id porprov kalteng 2018,pemkab barito utara

Sukseskan Porprov, Pemkab Barut tingkatkan jaringan telekomunikasi

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara M Iman Topik. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)-Pemerintah Kabupaten Barito Utara, meningkat fasilitas jaringan telekomunikasi untuk menyukseskan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)  XI yang digelar 19-27 Oktober 2018 di Muara Teweh.
    
"Kebijakan ini untuk optimalisasi Pemerintah Kabupaten Barito Utara sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan dengan memberikan fasilitas komunikasi secara baik dan nyaman kepada para duta, tamu dan atlet yang berada di Muara Teweh selama perlombaan berlansung," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara (Barut) M Iman Topik di Muara Teweh, Kamis. 

Menurut Topik, pemerintah daerah telah membuat surat untuk permohonan penambahan kouta telekomunikasi kepada provider telekomunikasi yakni Telkomsel dan Indosat, melalui surat tersebut diharapkan pihak perusahaan penyedia layanan telekomunikasi itu bersama pemerintah daerah mendukung dan menyukseskan Porprov Kalteng.

Permohonan itu, kata dia, telah mendapat tanggapan dari Telkomsel dimana tim teknisnya telah melakukan survei dan 'upgrade' serta peningkatan layanan LTE atau data internet 4G dari 10 Mhz menjadi 15 Mhz juga melakukan optimalisasi beberapa peralatan penunjang lainnya. 

"Disamping penguatan kuota layanan telekomunikasi itu pihaknya juga memasang beberapa titik free wifi hotspot, khususnya di venue arena terbuka Tiara Batara yang  merupakan lokasi pembukaan dan penutupan Porprov 2018," kata Topik.

Selain itu, dia menambahkan, juga di pasang di stadion Swakarya di cover 2 titik akses point yang mana akses point free wifi tersebut akan di berikan akses internet dari 3 ISP  (Astinet dari Telkom, IM2 dari Indosat dan Icon+ dari PLN) yang sudah bekerja sama sebelumnya dengan Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara.

Dalam menyediakan free Wifi akses point ini, pihaknya akan memaksimalkan bandwidht internet yang dimiliki untuk menghindari overload pada sisi layanan BTS telekomunikasi yang ada.

"Diharapkan para atlet dan tamu yang datang selama berada di Muara Teweh dapat terbantu dan optimal dalam pengunaan fasilitas komunikasi, baik telepon selular maupun paket data internet," ucapnya.

Sementara saat melakukan pengecekan venue-venue, Bupati Barito Utara Nadalsyah menegaskan bahwa penguatan kuota telekomunikasi berupa penambahan kuota dan pemasangan free wifi corner ini bagian dari yang tidak terpisahkan dari upaya Pemerintah Kabupaten Barito Utara memberikan pelayanan yang baik sebagai tuan rumah penyelenggara pertandingan  terbesar olahraga di Kalteng di Muara Teweh. 

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada provider yang telah turut serta berpartisipasi dalam mendukung dan menyukseskan kegiatan ini," ujar Nadalsyah.