Pemkab Kotim apresiasi kontribusi STIE Sampit

id Pemkab Kotim apresiasi kontribusi STIE Sampit,Perguruan tinggi,Sarjana,Mahasiswa,Dosen,Kampus

Pemkab Kotim apresiasi kontribusi STIE Sampit

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri berpidato saat Wisuda XXI Sarjana STIE Sampit, Kamis (18/10/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengapresiasi kontribusi perguruan tinggi lokal karena telah banyak mencetak sumber daya manusia berkualitas sehingga ikut berperan dalam pembangunan daerah dan masyarakat.

"STIE Sampit termasuk salah satu perguruan tinggi yang sudah banyak berkontribusi terhadap daerah. Banyak lulusan dari kampus ini yang berkiprah di pemerintahan, dunia usaha dan lainnya," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri di Sampit, Kamis.

Apresiasi itu diungkapkan Taufiq saat menghadiri wisuda XXI Sarjana Strata Satu Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit. Sebanyak 52 orang diwisuda dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sampit.

Taufiq mengaku bangga dengan perkembangan dan kemajuan STIE Sampit. Dosen dan mahasiswa kampus ini sudah menunjukkan eksistensi dan kualitas mereka di berbagai bidang, bahkan ada mahasiswa yang sudah meraih prestasi di tingkat internasional.

Pemerintah daerah terus mendorong perguruan tinggi lokal untuk meningkatkan kualitas. Langkah positif itu akan berdampak sangat bagus terhadap kualitas perkuliahan dan mahasiswanya sebagai indikator kemajuan perguruan tinggi tersebut.

Ini juga sejalan dengan tekad pemerintah daerah meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan di daerah ini. Perguruan tinggi berperan penting membantu mewujudkan itu.

Taufiq juga mendorong para sarjana untuk berpikir lebih maju karena peluang usaha di Kotawaringin Timur masih cukup besar. Potensi yang ada harus dimanfaatkan untuk kemajuan diri sendiri dan orang lain.

Sarjana diminta tidak hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil karena peluangnya terbatas, padahal jumlah sarjana terus bertambah. Sarjana didorong berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja sehingga manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain.

"Sesuai ajakan presiden, kita harus kerja, kerja dan kerja. Harus kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Kita bersama-sama meniatkannya untuk membantu menyejahterakan masyarakat," ajak Taufiq.

Ketua STIE Sampit, HM Thamrin Noor mengatakan, pihaknya bersama yayasan terus bekerja keras mengembangkan perguruan tinggi tersebut. Kompetensi dosen juga terus ditingkatkan karena sangat berpengaruh terhadap kualitas sarjana yang dihasilkan.

"Kami tidak hanya terbatas pada teori, tetapi juga kami dorong mahasiswa terjun langsung ke lapangan sehingga mereka punya bekal mumpuni ketika lulus nanti. Kami menyiapkan mahasiswa kami untuk siap terjun ke dunia kerja. Saat ini banyak lulusan STIE Sampit yang sukses di berbagai bidang," kata pria yang pernah menjabat Ketua DPRD dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Thamrin menambahkan, pihaknya juga mendorong mahasiswa untuk berprestasi di bidang apapun yang mereka senangi. Saat ini ada mahasiswa STIE Sampit yang berprestasi bidang olahraga di tingkat internasional. Bahkan saat ini sejumlah mahasiswa kampus ini memperkuat kontingen Kotawaringin Timur berlaga di Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah.