Cara ampuh atasi mulut kering

id mulut kering,cara ampuh,atasi,obat

Ilustrasi (Pixabay)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Jika mulut Anda kering, bukan cuma nafsu makan saja yang menurun. Kesehatan gigi dan gusi juga akan kena dampak buruknya. Jangan khawatir, kondisi ini bisa diatasi dan dicegah dengan cara berikut ini.

Agar Anda terhindar dan terbebas dari masalah mulut kering, coba terapkan cara mengatasi mulut kering  berikut ini.

1. Cari tahu penyebabnya

Obat-obatan untuk mengobati depresi, kecemasan, antinyeri, alergi, atau diare kadang membuat mulut Anda kering. Jika Anda menggunakan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut dan merasa sangat terganggu dengan kondisi mulut yang kering, mengganti obat adalah solusinya.

Konsultasikan ke dokter untuk membantu Anda memilih obat alternatif dan menyesuaikan dosisnya. Sementara untuk mulut kering akibat kemoterapi, penyakit Alzheimer, atau sindrom Sjögren, cara mengatasinya dengan meningkatkan produksi air liur.

2. Tingkatkan produksi air liur

Untuk meningkatkan produksi air liur, dokter akan merekomendasikan berbagai produk untuk Anda coba. Pastinya dokter juga sudah mempertimbangkan keamananannya saat Anda gunakan. Produk tersebut terdiri dari pasta gigi mengandung flouride, obat kumur mengandung xylitol, atau gel pelembap yang diformulasikan untuk mulut kering.

Dokter mungkin meresepkan beberapa obat untuk meningkakan produksi air liur seperti pilocarpine (salagen) dan cevimeline (evoxac).

Dilansir dari laman The American Academy of Oral Medicine, obat cevimiline telah disetujui FDA di Amerika Serikat (setara dengan Badan POM di Indonesia) untuk pasien sindrom Sjögren guna mengatasi mulut kering. Pilocarpine juga aman digunakan orang yang menjalani terapi radiasi kepala dan leher.

Obat cevimiline dan pilocarpine bekerja dengan saraf tertentu untuk meningkatkan jumlah air liur, sehingga membuat mulut terasa lebih nyaman untuk berbicara dan menelan.

Anda juga bisa mencoba cara mengatasi mulut kering secara alami, dengan menambah rempah seperti biji adas, cabai, atau kapulaga pada makanan atau minuman. Rasa pedas dari cabai bisa merangsang produksi kelenjar air liur lebih banyak.

Biji adas atau kapulaga dapat menghilangkan bau mulut akibat mulut kering dan mencegah produksi air liur menurun. Kedua rempah ini dapat Anda nikmati sebagai teh. Ingat, jika kondisi mulut kering sudah menyebabkan iritasi, makanan pedas atau asam harus Anda hindari.

3. Terapkan pola hidup sehat

Mengubah gaya hidup jadi lebih sehat adalah cara untuk mencegah mulut kering tidak terjadi lagi. Caranya cukup mudah, ikuti beberapa aturan pentingnya di bawah ini.
  • Tidak menggunakan obat kumur berbasis alkohol atau peroksida
  • Mengurangi asupan kafein dari kopi, teh, cokelat, minuman bersoda, atau alkohol yang membuat Anda cepat haus
  • Membatasi makanan kering, bergula, atau asin yang membuat Anda cepat haus dan melukai mulut Anda
  • Menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi rutin dan benang gigi
  • Berhenti merokok dan perbanyak minum air putih

sumber:hellosehat

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar