PT Sukajadi Sawit Mekar berkomitmen ciptakan lingkungan perusahaan bersih narkoba

id lingkungan perusahaan bersih narkoba,PT Sukajadi Sawit Mekar ,Narkoba,PT Sukajadi Sawit Mekar berkomitmen ciptakan lingkungan perusahaan bersih narkob

PT Sukajadi Sawit Mekar berkomitmen ciptakan lingkungan perusahaan bersih narkoba

Manajemen PT Sukajadi Sawit Mekar berfoto bersama narasumber dari Polres Kotim dan masyarakat usai sosialisasi bahaya dan pencegahan narkoba, Jumat (14/12/2018). (Foto dokumentasi PT SSM)

...Perusahaan juga tidak akan ragu memberi sanksi tegas bagi pekerja pengguna maupun terlibat narkoba
Sampit (Antaranews Kalteng) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sukajadi Sawit Mekar yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, berkomitmen menciptakan lingkungan perusahaan yang bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Perusahaan telah mencantumkan larangan yang tegas terhadap penyalahgunaan narkoba dan peredarannya dengan kebijakan-kebijakan perusahaan, larangan dalam perjanjian pekerja, perjanjian kerja bersama dengan pekerja serta  dalam klausul yang mengharamkan penggunaan dan peredaran narkoba," kata Senior Manager Musim Mas Group, T Kanna di Sampit, Sabtu.

Kanna menegaskan, perusahaan tidak akan memberi toleransi sedikitpun terhadap pekerja yang menggunakan maupun terlibat narkoba. Perusahaan juga tidak akan ragu memberi sanksi tegas bagi pekerja pengguna maupun terlibat narkoba.

Jika ada pekerja yang terlibat narkoba, sanksi tegas pasti diberikan, yaitu pemutusan hubungan kerja atau PHK tanpa syarat. Ketegasan itu wujud komitmen PT Sukajadi Sawit Mekar untuk menciptakan lingkungan perusahaan bersih dari narkoba.

Selain membentengi dengan peraturan ketat yang dibuat, anak perusahaan Musim Mas Group ini juga melakukan upaya-upaya lain untuk mewujudkan harapan tersebut. Salah satunya melalui langkah pencegahan dengan menggandeng Polres Kotawaringin Timur.
 
Ratusan peserta antusias mengikuti sosialisasi bahaya dan pencegahan narkoba yang digelar PT Sukajadi Sawit Mekar, Jumat (14/12/2018). (Foto dokumentasi PT SSM)

Seperti Jumat (14/12) pagi, PT Sukajadi Sawit Mekar menggelar sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan perusahaan. Kegiatan diikuti sekitar 500 peserta yang berasal dari kalangan pekerja, ketua RT dan RW,  ibu rumah tangga, pelajar, guru, klinik atau kader, remaja masjid, manajemen perusahaan serta masyarakat umum.

Narasumber yang dihadirkan berasal dari Satuan Reserse Narkoba Polres Kotawaringin Timur yaitu Ipda Budiman dan Bripda Nita. Kegiatan ini merupakan langkah untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan perusahaan PT Sukajadi Sawit Mekar.

"Kami menyambut positif dan salut atas inisiatif perusahaan yang berkomitmen kuat ikut memerangi narkoba dan ikut mengampanyekan 'Say no to drug'. Kami berharap manajemen dan pekerja dapat membentengi diri dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan perusahaan," harap Budiman.

Sosialisasi ini dinilai sangat penting dan memang sudah seharusnya dilakukan. Saat ini peredaran narkoba di Kotawaringin Timur sudah sangat memprihatinkan karena menyasar hampir semua status sosial dan kelompok umur, bahkan peredarannya kini hingga kawasan pelosok, termasuk di areal perkebunan kelapa sawit.

Pengguna narkoba biasanya cenderung tidak produktif lagi. Jika ada pekerja yang mengonsumsi narkoba maka kinerjanya pasti akan menurun sehingga merugikan diri sendiri dan perusahaan yang mempekerjakannya.

Sementara itu, sosialisasi ini juga disambut positif pekerja di perusahaan itu. Mereka bahkan antusias menyampaikan banyak pertanyaan kepada narasumber saat sesi dialog dengan harapan mendapat banyak tambahan pengetahuan tentang bahaya dan cara mencegah agar tidak terjerumus narkoba.

"Kami sangat menyambut gembira kegiatan ini dan berkomitmen bersama-sama manajemen untuk menjadikan kompleks perumahan pekerja PT Sukajadi Sawit Mekar bebas dari penyalahgunaaan dan peredaran narkoba," kata Mugianto, pemanen Estate Sebabi.

Sementara itu, komitmen dan inisiatif serupa juga dijalankan anak  perusahaan Musim Mas Group lainnya di kabupaten ini, yaitu PT Maju Aneka Sawit, PT Unggul Lestari dan PT Globalindo Alam Perkasa. Ini menjadi bukti komitmen Musim Mas Group dan seluruh anak perusahaannya dalam membantu memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kotawaringin Timur.