Bupati Nadalsyah luncurkan beroperasinya listrik di desa sentra jagung

id listrik desa di barito utara,lisrik desa di kecamatan gunung timang,lisrik desa batu raya,pt pln muara teweh

Bupati Nadalsyah luncurkan beroperasinya listrik di desa sentra jagung

Bupati Barito Utara H Nadalsyah meresmikan beroperasinya listrik desa di Desa Batu Raya I dan Batu Raya II Kecamatan Gunung Timang, Kamis sore. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah meluncurkan listrik desa PT PLN di Desa Batu Raya I dan Batu Raya II, Kecamatan Gunung Timang, yang merupakan salah satu desa sentra tanaman jagung dan coklat di kabupaten setempat. 

"Tepat pada hari ini Kamis tanggal 20 Desember 2018, terhitung kurang lebih 14 bulan, hampir seluruh desa di Kecamatan Gunung Timang Alhamdulillah telah terpasang jaringan listrik dan menyala 24 jam," kata Bupati Nadalsyah di Desa Batu Raya Kecamatan Gunung Timang, Kamis sore.

Sebelumnya pada Oktober 2017 lalu Pemkab Barito Utara juga telah meluncurkan listrik untuk jalur enam Desa yaitu Desa Majangkan, Desa Baliti, Desa Walur, Desa Ketapang, Desa Rarawa dan Desa Malungai sehingga 16 desa di Kecamatan Gunung Timang kini mulai menikmati listrik PLN. 

Menurut Nadalsyah, dirinya dan atas nama pemerintah daerah merasa gembira dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Hal ini dikarenakan program listrik masuk desa untuk menjangkau seluruh desa yang ada di wilayah Barito Utara telah menjadi skala prioritas yang secara konsisten diperjuangkan.

Kabupaten Barito Utara, kata dia, telah menjadi salah satu sumber energi gas bumi tepatnya di Desa Karendan Kecamatan Lahei, mengingat di daerah ini masih ada beberapa desa yang masih belum teraliri listrik.

"Besar harapan kami selaku pemerintah daerah kepada pihak PLN Muara Teweh kedepannya dapat mendukung penuh program pemerintah Kabupaten Barito Utara agar setiap desa dapat teraliri listrik, tentunya hal ini juga tidak lepas dari dukungan dari masyarakat salah satunya dengan merelakan sebagian tanahnya tanpa ganti rugi untuk dibangun tiang?tiang listrik," katanya.

Pada kesempatan tersebut Nadalsyah mengucapkan apresiasi dan penghargaan terhadap berbagai terobosan, upaya dan usaha yang dilakukan Camat Gunung Timang beserta jajaran kecamatan dan pemerintahan desa bersama-sama masyarakat Gunung Timang atas dukungan serta usahanya untuk mendukung percepatan pembangunan listrik. Yang mana buah dari kerja keras dan kegigihan tersebut akan semua nikmati hasilnya.

Melalui kesempatan yang baik ini dia juga mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada General Manager PLN Wilayah Kalselteng, penanggung jawab program unit listrik desa wilayah Kalteng, kepala rayon PLN Muara Teweh dan kepala unit PLN Kandui atas segala dukungan yang diberikan sehingga listrik desa untuk wilayah Kecamatan Gunung Timang dapat terwujud.

"Untuk itu mari masyarakat Kecamatan Gunung Timang bersama-sama Pemerintah Daerah dan PLN, dapat saling membantu untuk menuntaskan jaringan listrik Desa Sikui sampai dengan Desa Kandui. Sehingga nantinya seluruh masyarakat di Kecamatan Gunung Timang menjadi bagian dari sistem kelistrikan yang bersumber dari PLTG yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara," kata Nadalsyah lagi.