Jalan Parenggean-Tumbang Sangai segera ditangani, kata Gubernur

id provinsi kalimantan tengah,pemprov kalteng, gubernur kalteng,sugianto sabran,sugianto pantau jalan

Jalan Parenggean-Tumbang Sangai segera ditangani, kata Gubernur

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) didampingi Kepala Dinas PUPR Kalteng Shalahuddin (kanan) memantau sejumlah jalan strategis yang ada di provinsi itu, kemarin. (ist)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah SugiantO Sabran memantau sejumlah jalan strategis, khususnya dari Kota Palangka Raya menuju Parenggean-Tumbang Sangai, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dari hasil pantauan orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu, kondisi jalan Parenggean-Tumbang Sangai dalam kondisi rusak dan perlu segera dilakukan pembenahan.

"Harus dapat segera diperbaiki, agar jalan itu nyaman dan aman digunakan oleh masyarakat Parenggeran dan sekitarnya, termasuk pihak perusahaan," kata Sugianto melalui rilis di Palangka Raya, Kamis.

Dia pun memerintahkan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Pemprov Kalteng bertindak cepat dalam menyusun perencanaan dan melakukan penanganan. Selain itu, Pemkab Kabupaten Kotim dan sejumlah perusahaan perlu ikut ambil bagian melakukan perbaikan.

Sugianto mengatakan pihak perusahaan perlu ikut berkontribusi melakukan perbaikan karena jalan tersebut sering dilalui kendaraan milik perusahaan. KOndisi jalan yang bagus pun memberikan kemudahan bagi perusahaan tersebut.

"Pemprov Kalteng, Pemkab Kotim dan pihak perusahaan harus bersinergi. Kalau jalannya bagus, yang merasa nyaman bukan cuma pemerintah, bukan cuma masyarakat, tapi perusahaan juga begitu. Maka dari itu kami perhatikan bersama," kata dia.

Selain jalan Parenggean-Tumbang Sangai, Gubernur Kalteng itu juga ingin jalan  Tumbang Sangai menuju Tumbang Kalang. Sebab, hasil pantauan dirinya, jalan Tumbang Sangai menuju Tumbang Kalang masih dari tanah.

Dia mengatakan kondisi jalan akan sangat licin apabila turun hujan, dan banyak debu saat musim kemarau. Kondisi itu jelas menyulitkan masyarakat yang akan melintasinya.

"Jadi, saya dminta untuk upaya penanganan jalan didiperbaiki segera. Alat berat pun disediakan di lokasi melakukan upaya penanganan jalan, sehingga dapat lebih nyaman dan rapi," demikian Sugianto.