Pemuda Kalteng diajak manfaatkan potensi getah Nyatu tingkatkan ekonomi

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,getah nyatu,kerajinan tangan dari getah nyatu,Asisten I Setda Kalteng,Kaspinor

Pemuda Kalteng diajak manfaatkan potensi getah Nyatu tingkatkan ekonomi

ilustrasi - Miniatur terbuat dari getah nyatu hasil kerajinan tangan warga Kelurahan Dahiang Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengajak pemuda yang ada di wilayah setempat, agar memanfaatkan potensi getah Nyatu yang memiliki nilai tinggi dan banyak dicari di tingkat nasional maupun internasional.

Informasinya satu hasil kerajinan tangan berbahan getah nyatu dihargai dari Rp500 ribu hingga Rp7,5 juta, kata Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Setda Kalteng Kaspinor, disela-sela mendampingi Komisi VI DPR RI mengunjungi UKM binaan BRI di Palangka Raya, Kamis.

"Sekarang ini kerajinan tangan berbahan getah nyatu hanya didominasi orangtua, sedangkan dari kalangan pemuda masih sangat minim. Jadi, kami mendorong sekaligus mengajak para pemuda untuk memanfaatkan potensi getah nyatu," tambahnya.

Dia mengakui bahan baku getah nyatu belum begitu melimpah di Kalteng, namun untuk memenuhi kebutuhan kerajinan tangan masih mencukupi. Selain itu, pohon nyatu juga mudah ditanam dan dikembangkan dengan skala besar.

Kaspinor mengatakan sekarang ini yang jadi masalah adalah minimnya pelaku maupun industri memanfaatkan getah nyatu. Untuk itu, dibutuhkan orang-orang muda yang memiliki kreativitas serta memahami perkembangan zaman dalam memanfaatkan getah nyatu.

"Kami yakin getah nyatu itu kalau dikelola dengan sangat optimal, akan memberikan keuntungan luarbiasa. Bukan hanya itu, dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Kalteng," tegas dia.

Asisten I itu menyebut bahwa Pemprov Kalteng pun telah mendorong Dinas Kehutanan setempat untuk memikirkan kesiapan bahan baku. Sedangkan untuk keterampilan pengrajin, Pemprov melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kalteng akan membina para pengrajin muda, agar kerajinan getah nyatu bisa dikembangkan.

"Kenapa pengrajin muda, yang pasti mereka kita harapkan bisa berinovasi sesuai dengan pesanan atau keinginan pasar luar negeri. Urusan pemerintah selain penyediaan bahan baku dan pemasaran, akan menjalin kerjasama dengan BUMD ataupun perbankan untuk melakukan pembinaan terhadap UKM," demikian Kaspinor.