Kotawaringin Barat tunjukkan keseriusan jadi tuan rumah Porprov Kalteng

id Kotawaringin Barat tunjukkan keseriusan jadi tuan rumah Porprov Kalteng,Porprov,Olahraga,Kobar,KONI

Kawasan Sport Center Pangkalan Bun yang nantinya akan disulap menjadi pusat beberapa venue cabang olahraga dalam ajang Porprov, jika Kotawaringin Barat terpilih sebagai tuan rumah Porprov XII tahun 2022. (Foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menunjukkan keseriusan mereka jika dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang akan digelar tahun 2022 mendatang.

"Tahun ini dianggarkan Rp9,5 miliar untuk pembangunan tahap awal futsal indoor, voli indoor dan basket indoor, yang mana masing-masing bangunan berkapasitas 5000 orang," ucap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kotawaringin Barat Juni Gultom di Pangkalan Bun, Jumat.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menunjukkan keseriusan itu dengan merencanakan pembangunan beberapa venue cabang olahraga di kawasan Sport Center Pangkalan Bun pada tahun ini.

Pembangunan beberapa venue indoor dilakukan secara bertahap dengan total keseluruhan anggaran sebesar Rp36 miliar untuk merampungkan semua pembangunan venue indoor.

Saat ditanya terkait keberadaan stadion sepak bola di kawasan Sport Center yang sudah lebih dulu dibangun beberapa tahun silam dan saat ini terkesan terbengkalai, Juni menyebutkan pembangunannya  akan diselesaikan tahun depan.

Sementara itu, Rahmad Minarto mantan atlet taekwondo Kotawaringin Barat peraih medali emas Porprov tahun 2010 sekaligus Sekretaris Pengurus Cabang Taekwondo setempat, menyambut baik dan sangat mendukung keinginan tersebut.

"Sebagai saran, pembangunan bidang olahraga hendaknya jangan hanya terfokus pada sarana dan prasaran, tetapi juga harus ke pembinaan atletnya," ucap Rahmad

Ketua KONI Kotawaringin Barat Thibarani mengatakan, peningkatan sarana olahraga memang sudah menjadi keharusan. Kini olahraga menjadi sebuah kebutuhan untuk menciptakan masyarakat yang sehat, serta mencapai prestasi yang membanggakan daerah.

"Disetujui menjadi tuan rumah maupun tidak, sudah saatnya Kotawaringin Barat berbenah terkait sarana dan prasarana olahraga jika ingin dipandang orang," ucapnya,

Untuk diketahui, ada empat daerah yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Porprov XII tahun 2022 mendatang, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat.


Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar