Wakil ketua KONI Kalteng optimistis Kotim tuan rumah Porprov 2022

id Wakil ketua KONI Kalteng optimistis Kotim tuan rumah Porprov 2022,Sampit,Olahraga,Porprov,Kalteng

Wakil ketua KONI Kalteng optimistis Kotim tuan rumah Porprov 2022

Wakil Ketua Umum KONI Kalimantan Tengah H Nurani Mahmudin saat Musorkab IV KONI Kotim di Sampit, Sabtu (9/2/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Keinginan Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah tahun 2022 nanti, direspons positif pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah.

"Saya optimistis Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov 2022 nanti. Saya melihat daerah ini sangat layak. Bukan karena kebetulan saya berada di sini atau menyanjung, tetapi karena fakta kesiapannya," kata Wakil Ketua Umum KONI Kalimantan Tengah H Nurani Mahmudin di Sampit, Sabtu.

Dukungan itu disampaikan Nurani saat pembukaan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) IV Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit. Pernyataan itu disambut antusias peserta yang hadir, termasuk Bupati H Supian Hadi.

Nurani mengakui, ada beberapa daerah yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Porprov 2022, termasuk Kotawaringin Timur. Namun dia menilai Kotawaringin Timur berpotensi terpilih karena memiliki kelebihan dibanding daerah lainnya.

Kotawaringin Timur memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap. Jika masih ada kekurangan, masih ada waktu membangun dan melengkapi fasilitas olahraga yang akan dipertandingkan saat Porprov nanti.

Fasilitas pendukung seperti hotel di Kotawaringin Timur juga sangat memadai sehingga dipastikan seluruh kontingen akan dilayani dengan baik. Hal ini sangat penting bagi suksesnya pelaksanaan Porprov nanti.

"Kotawaringin Timur sangat memadai. Mudah-mudahan ini akan menjadi bahan pertimbangan dari tim penjaringan tuan rumah Porprov tahun 2022 nanti," ucap Nurani.

Nurani juga mengapresiasi kemajuan prestasi olahraga di Kotawaringin Timur. Bahkan saat Porprov XI Kalteng di Kabupaten Barito Utara pada 2018 lalu, Kotawaringin Timur mengirim kontingen dengan jumlah peserta terbanyak dan berhasil menorehkan prestasi signfikan dibanding sebelumnya, yaitu menjadi juara III.

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi mengatakan Kotawaringin Timur sangat siap menjadi tuan rumah Porprov Kalteng tahun 2022. Sejak 2018, berbagai fasilitas olahraga dibangun dengan sistem pembiayaan tahun jamak.

"Di area Sport Center dibangun road race dan fasilitas lain. Sarana olahraga lainnya seperti kolam renang, panah, sasana tinju dan lainnya juga dibangun di sana. Kami berharap akhir tahun 2020 nanti sudah selesai," harap Supian.

Menurut Supian, ketersediaan fasilitas sangat penting dan berpengaruh terhadap kesuksesan pelaksanaan Porprov. Seperti ketersediaan hotel atau penginapan yang memadai, sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan psikologis atlet dalam menghadapi pertandingan.

"Kotawaringin Timur sudah siap.
Mudah-mudahan Kotawaringin Timur disetujui jadi tuan rumah Porprov," demikian Supian Hadi.