Menteri BUMN raih penghargaan anugerah peduli pers

id Menteri Rini Soemarno,HPN 2019,Menteri BUMN raih penghargaan anugerah peduli pers

Menteri BUMN raih penghargaan anugerah peduli pers

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menerima penghargaan Kepedulian terhadap pers kategori instansi pemerintah dalam rangka Hari Pers Nasional 2019 di Surabaya, Sabtu (9/2/2019). (Istimewa)

Surabaya (Antaranews Kalteng) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menerima penghargaan Anugerah Kepedulian terhadap Pers kategori instansi pemerintah dalam acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Panitia HPN 2019 menilai Menteri Rini telah memberikan akses yang mudah dan keterbukaan informasi yang luas kepada insan pers nasional terkait kegiatan-kegiatan BUMN yang pro rakyat.

Menteri Rini juga mendorong seluruh BUMN agar terlibat aktif dalam kegiatan peningkatan kompetensi wartawan Indonesia.

"Alhamdulillah. Saya menghaturkan beribu terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas peran pers dalam naungan PWI yang terus menjadi referensi pemberitaan akurat untuk masyarakat. Prestasi ini bukan hanya milik saya, tapi milik seluruh BUMN yang telah berkomitmen mendukung kemajuan pers Indonesia," kata Rini di sela acara puncak HPN 2019, Surabaya.

Rini pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh media massa dan para jurnalis yang senantiasa menjalankan fungsi pers sebagai penyedia informasi terpercaya kepada khalayak luas.

Ia mengajak segenap insan pers untuk bersama-sama melawan hoaks atau berita bohong.

"Peran pers dalam menyajikan pemberitaan yang benar, sesuai fakta, dan berimbang sangat penting dalam upaya melawan hoaks, sehingga masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi informasi atau berita yang aktual dan faktual, tidak mudah terbawa arus hoaks," tegas Rini.

Selain itu, faktor lain yang menjadi alasan penghargaan tersebut karena Rini tercatat telah ikut berperan aktif dan mendukung pelatihan digitalisasi program-program usaha untuk komunitas dan keluarga wartawan.

Sejak peringatan HPN tahun lalu, Rini telah mendorong BUMN bersinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menjalankan program vokasi kewirausahaan wartawan. 

Program yang merupakan bagian dari program Rumah Kreatif BUMN ini bertujuan untuk memberikan akses maupun tambahan informasi dan pengetahuan bagi jurnalis untuk dapat mengaktualisasikan diri, termasuk di bidang wirausaha.

Hingga saat ini, program tersebut sedikitnya telah diikuti lebih dari 500 wartawan yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar