Bupati Nadalsyah ajak masyarakat jaga kebersihan

id tempat pembuangan sampah sementara di muara teweh,tempat pembuangan sampah muara teweh,bupati barito utara nadalsyah,sampah

Bupati Nadalsyah ajak masyarakat jaga kebersihan

Lokasi tempat pembuangan sampah sementara di sekitar Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara di Muara Teweh. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Barito Utara untuk menjaga kebersihan. Terutama dalam hal membuang sampah, agar masyarakat bisa membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

"Diharapkan semua masyarakat untuk bersama-sama menjaga, memelihara serta membantu petugas kebersihan yang telah bersusah payah bekerja dalam bentuk action warga menjaga dan membuang sampah pada tempatnya," kata Nadalsyah di Muara Teweh,kemarin.

Menurut Nadalsyah, hal ini sejalan dengan Program Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan pada tanggal 21 Februari lalu saat Hari Peduli Sampah Nasional dengan tema "Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai".

"Untuk itu diharapkan masyarakat Barito Utara dapat membuang sampah pada tempatnya yang telah disediakan. Jangan membuang sampah di sungai dan sembarang tempat, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan," tegasnya.

Terlebih kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini, untuk sampah plastik yang tidak dapat diuraikan dengan baik, sampah plastik menghasilkan microplastik yang apabila terkonsumsi oleh para ibu-ibu akan menyebabkan bayi yang dilahirkan bisa menjadi kerdil (stunting).

Oleh sebab itu, kata dia,  mari kita budayakan bersih menjadi budaya kita bersama dengan stop buang sampah sembarangan. 

"Dengan membuang sampah pada tempatnya, merupakan wujud kepedulian kita pada lingkungan," ujar Nadalsyah.