DPRD apresiasi pelayanan Samsat di Kalteng semakin membaik

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,wakil ketua komisi a dprd kalteng,hm fahruddin,samsat kalteng,samsat,pelayanan samsat

DPRD apresiasi pelayanan Samsat di Kalteng semakin membaik

ilustrasi - Samsat (Ist)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalimantan Tengah HM Fahruddin mengapresiasi langkah dan upaya pemerintah, yang terus membenahi fasilitas dan pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng.

Hasil dari pantauan serta informasi yang disampaikan sejumlah masyarakat bahwa fasilitas serta pelayanan Samsat di provinsi ini sudah mulai membaik, kata Fahruddin di Palangka Raya, Kamis.

"Tapi kami tetap mengusulkan agar Pemerintah juga menyediakan fasilitas seperti ruang baca, bermain anak, ataupun ruang khusus ibu menyusui. Itu yang kami lihat belum ada di seluruh Samsat di Kalteng," tambahnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan itu menyebut, usulan tersebut karena samsat yang ada di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas dan Kotim setiap harinya didatangi masyarakat.

Dia mengatakan keberadaan beberapa fasilitas itu juga membuat masyarakat yang memiliki anak atau bayi, tidak kesulitan menjaga saat membayar pajak. Keberadaan ruang baca itu bahkan dapat berdampak positif terhadap minat baca masyarakat.

"Kalau fasilitas dan pelayanan yang berkaitan dengan membayar pajak kendaraan bermotor di samsat se-Kalteng sudah baik. Tinggal penambahan fasilitas pendukung lainnya saja," kata Fahruddin.

Walaupun sudah membaik dalam pelayanan, namun anggota DPRD Kalteng itu tetap mengingatkan terkait transparansi serta tidak mempersulit masyarakat, yang datang membayar pajak kendaraan.

Dia mengatakan hal itu perlu lebih ditingkatkan agar tidak ada lagi istilah loket diluar loket, yang sudah resmi. Apalagi hal-hal yang berbau pungli juga wajib disingkirkan.

"Kesadaran masyarakat membayar pajak kan sudah mulai meningkat. Jadi, harus diperkuat dengan transparansi dan benar-benar memberantas pungli," demikian Fahruddin.