Pulang Pisau jadi perhatian Polda Kalteng terkait pengamanan Pemilu 2019

id Pulpis salah satu kabupaten yang jadi perhatian Polda Kalteng,pengamanan Pemilu 2019,pemilu 2019,Polda Kalteng,Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol He

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan (tengah) bersama Dandim 1011/KLK Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono dan Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono Bima Putra Mada SIK usai memberikan keterangan kepada sejumlah awak media. (Foto Antara Kalteng/ Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Kabid Humas Polisi Daerah (Polda) Kalimantan Tengah, Kombes Pol Hendra Rachmawan mengatakan Polres Pulang Pisau menjadi salah satu kabupaten yang diamati oleh Polda Kalteng dalam pengamanan Pemilu Tahun 2019.

"Hal ini dikarenakan letak geografis wilayah yang cukup luas dengan berbagai macam medan di lapangan," kata Hendra, Rabu.

Hendra yang melihat dari dekat simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) melibatkan TNI, masyarakat dan pihak terkait lainnya, mengungkapkan bahwa Polres setempat diyakini siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan gangguan keamanan yang terjadi dalam Pemilu serentak tahun 2019 ini. 

Dirinya meminta para personel untuk terus berlatih, baik secara personal, kelompok dan satuan meski simulasi Sispamkota telah dilaksanakan dengan baik, melalui skenario terburuk yang mungkin terjadi dalam gangguan keamanan.

Penempatan personel pengamanan juga menjadi perhatian kepada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dinilai rawan. 

Menurut Hendra, Kapolres setempat tentu sudah memiliki data dan analisa berdasarkan informasi intelijen serta mengetahui karakter medan dan kesehatan organisasinya.

Untuk di daerah-daerah yang aman, terang Hendra, satu polisi bisa membackup sebanyak empat TPS. Sementara untuk daerah yang memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, satu TPS wajib ditempatkan satu personel polisi.

Mewakili Kapolda Kalteng, Hendra berharap pelaksanaan simulasi Sispamkota menjadi gambaran edukasi bagi seluruh personel Polres bersama TNI dan masyarakat dalam penanganan gangguan keamanan di wilayahnya. 

Lebih dari itu feeling dan responsif harus ditingkatkan sebagai langkah antisipasi, agar pelaksanaan Pemilu tahun 2019 dapat berjalan aman, tertib dan kondusif.

Hadir dalam simulasi Sispamkota Assisten I Sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Pulang Pisau Susilo I Tamin beserta sejumlah pejabat pemerintah setempat, Dandim 1011/KLK Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, Ketua DPRD H Maruadi dan sejumlah pejabat Penyelenggara dan Pengawas Pemilu tahun 2019.
 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar