Pemkab jadikan Kobar Expo salah satu pendorng pertumbuhan ekonomi

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Budi Santoso, Kotawaringin Barat, Kobar, Kalteng

Pemkab jadikan Kobar Expo salah satu pendorng pertumbuhan ekonomi

Pj Bupati Kobar saat berkunjung ke salah satu stand yang ada di Kobar Expo, Sabtu (26/10/2024). ANTARA/Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Budi Santoso menyatakan bahwa salah satu upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi di daerah setempat, yakni rutin menggelar berbagai even, salah satunya Kobar Expo 2024.

Kobar Expo yang sedang digelar itu juga rangkaian dari peringatan Hari Jadi ke 65 Kabupaten Kotawaringin Barat, kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Senin.

"Jadi, melalui Kobar Expo itu perputaran uang meningkat, produktivitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga turut meningkat," ucapnya.

Dirinya pun menegaskan bahwa Pemkab kobar berkomitmen untuk menciptakan regulasi yang mendukung dan mempermudah perkembangan UMKM di Kotawaringin Barat.

"Kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat sangat penting dalam membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM yang inklusif dan berkelanjutan," ucapnya.

Menurutnya, proses pembangunan tidak mudah, harus senantiasa bekerjasama, baik itu pemerintah daerah, pelaku usaha serta seluruh lapisan masyarakat.

"Mari bersama-sama membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut menampilkan berbagai hasil pembangunan daerah, produk unggulan industri lokal, perdagangan dan industri kreatif, seni dan budaya, serta festival kuliner UMKM.

Baca juga: Minimalisir kecelakaan lalulintas, Pemkab Kobar melakukan pemasangan PJU

Dia menyampaikan, UMKM adalah tulang punggung perekonomian kita, mereka adalah pejuang yang gigih berjuang, menciptakan lapangan kerja, dan turut berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian daerah.

"Mari kita terus memberikan dukungan penuh agar UMKM di Kabupaten Kotawaringin Barat semakin kompetitif,” disampaikannya.

Budi menambahkan, hadirnya Kobar Expo 2024 ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi bagi produk-produk unggulan dan potensi ekonomi kabupaten Kobar, sekaligus memberikan motivasi bagi pelaku usaha lokal untuk terus berinovasi.

Baca juga: Kobar Expo 2024 hadirkan berbagai produk unggulan

Baca juga: Rute penerbangan Pangkalan Bun menuju IKN akan dibuka

Baca juga: Pemkab Kobar fokus pada pemenuhan layanan dasar