Minimalisir kecelakaan lalulintas, Pemkab Kobar melakukan pemasangan PJU

id Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat, Dishub Kotawaringin Barat, Kotawaringin Barat, Kobar, Kalteng

Minimalisir kecelakaan lalulintas, Pemkab Kobar melakukan pemasangan PJU

Dishub Kobar memantau sejumlah PJU tenaga surya yang telah dipasang di beberapa titik di wilayah setempat, Jumat (25/10/2024). ANTARA/Dishub Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), kembali memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) dan PJU-TS (Tenaga Surya) di beberapa titik di wilayah setempat.

Pemasangan PJU itu sebagai upaya menciptakan keselamatan  dan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna jalan," kata Kepala Dishub Kobar Amir Hadi di Pangkalan Bun, Senin.

"Penerangan jalan umum merupakan bagian penting untuk menunjang aktivitas masyarakat khususnya para pengguna jalan pada malam hari," ujar dia.

Menurut dirinya, dengan adanya penerangan jalan umum diharapkan dapat mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas serta dapat menciptakan keamanan pengguna jalan.

Amir mengatakan Pemkab Kobar melalui Dishub terus berupaya untuk menambah pemasangan maupun memperbaiki penerangan jalan umum di beberapa titik di daerah ini.

"Jadi, kami memasang PJU tersebut di Jalan Pancasila Pangkalan Bun, dan Pemasangan Pju-tenaga surya di Desa Kadipi Atas dan Desa Medangsari.

Dia menyampaikan, penerangan Jalan umum menggunakan tenaga surya ini merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi daerah yang keterbatasan jaringan listrik.

"PJU Tenaga Surya ini juga lebih efisien dalam metode penggunaan energi ramah lingkungan, sekaligus dapat menghemat biaya operasional terhadap penggunaan listrik konvensional," demikian Amir hadir.

Baca juga: Kobar Expo 2024 hadirkan berbagai produk unggulan

Baca juga: Rute penerbangan Pangkalan Bun menuju IKN akan dibuka

Baca juga: Pemkab Kobar fokus pada pemenuhan layanan dasar