Festival Batang Arut jadi salah satu daya tarik pariwisata di Kobar

id pemkab kobar, lomba kelotok hias kobar, sungai arut, pangkalan bun,Festival Batang Arut,pj bupati budi santosa

Festival Batang Arut jadi salah satu daya tarik pariwisata di Kobar

Salah satu peserta yang mengikuti lomba kelotok hias, Pangkalan Bun, Sabtu (28/9/2024). (ANTARA/Safitri RA)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menggelar Festival Batang Arut tahun 2024, yakni Lomba Kelotok Hias di area bantaran Sungai Arut wilayah setempat. 
 
Lomba tersebut dibuka Pj Bupati Kobar Budi Santosa yang dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjadikan acara kepariwisataan menjadi modal dasar pembangunan daerah. 
 
"Mari kita jadikan acara kepariwisataan yang berdampak bagi pertumbuhan ekonomi ini sebagai momentum menguatkan penerapan Falsafah Huma Betang, sebagai pegangan dan modal dasar pembangunan,” katanya di Pangkalan Bun, Sabtu. 
 
Dia mengatakan, Lomba Kelotok Hias tersebut bukan hanya sekedar menampilkan keindahan seni dan budaya lokal, tetapi juga mengandung pesan moral yang penting bagi masyarakat.
 
“Acara ini menjadikan tradisi, adat, seni, dan budaya bukan hanya sekadar tontonan, tetapi juga mengedukasi masyarakat untuk tidak melupakan nilai-nilai budaya leluhur Kabupaten Kotawaringin Barat,” ucapnya. 

Baca juga: Pemkab Kobar dan PIP Kemenkeu RI kerjasama tingkatkan kualitas UMKM
 
Lomba Kelotok Hias tersebut diikuti sebanyak 26 peserta yang terbagi dalam dua kategori, yaitu Kelotok dan Getek. Festival Batang Arut ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan di Kotawaringin Barat. 
 
"Kegiatan Festival pada tahun ini mengusung tema "Pesona Sungai Arut; Merajut Cita, Membangun Asa","sebutnya. 
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kobar Rody Iskandar menyampaikan, ucapan terima kasih dan juga apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat serta mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. 
 
“Kita bersyukur acara hari ini berlangsung aman dan sukses, terima kasih atas seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” jelasnya.
 
Diharapkan Festival Batang Arut dan Lomba Kelotok Hias terus menjadi salah satu daya tarik wisata lokal yang memperkuat identitas budaya di Kobar. 
 
"Kami harapkan melalui kegiatan ini mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat," ucap Rody Iskandar. 

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Netralitas lembaga penyelenggara jadi kunci utama suksesnya pilkada

Baca juga: Pj Bupati Kobar minta satlinmas terlibat aktif jaga keamanan di lingkungan masyarakat

Baca juga: Peserta Pilkada Kobar sudah diberikan nomor urut