Transaksi Sampit Expo 2019 ditarget naik 10 persen

id Transaksi Sampit Expo 2019 ditarget naik 10 persen,Sampit Expo,Bupati Kotim,Supian Hadi,UMKM

Transaksi Sampit Expo 2019 ditarget naik 10 persen

Bupati H Supian Hadi melepas balon menandai dibukanya Sampit Expo 2019 yang dilaksanakan di halaman Sampit Water Park, Sabtu (16/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah H Supian Hadi menargetkan nilai transaksi atau perputaran uang selama Sampit Expo 2019 ini naik 10 persen dibanding tahun lalu.



"Target kami, tentu perputaran uang meningkat dibanding tahun lalu. Naik 10 persen saja sudah lumayan membantu ekonomi masyarakat Kotawaringin Timur," kata Supian usai membuka Sampit Expo 2019 di Sampit, Sabtu.



Sampit Expo 2019 digelar hingga 23 Maret nanti. Lokasi pelaksanaannya yang biasa di Stadion 29 November Sampit, tahun ini dipindah ke halaman Sampit Water Park yang lokasinya masih berdekatan.



Berdasarkan data, nilai transaksi selama Sampit Expo 2018 lalu mencapai Rp6.156.695.000, sedangkan tahun 2017 hanya Rp5.100.695.000. Ada kenaikan Rp1.056.000.000, atau sebesar 17,15 persen. Tahun ini nilai transaksi ditargetkan naik minimal 10 persen.



Sampit Expo rutin dilaksanakan dengan tujuan mempromosikan serta memberikan kesempatan kepada pelaku usaha pertemuan pedagang dan pembeli maupun investor. Secara khusus acara ini untuk mendorong peningkatan sektor usaha mikro, kecil dan menengah.



Kegiatan ini juga penting karena menjadi sumber data dan informasi bagi pemerintah daerah dalam menyusun program dan arah kebijakan terkait upaya peningkatan perekonomian daerah, khususnya ekonomi kerakyatan.



Event tahunan ini menjadi sarana bagi pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produk lokal lebih luas. Di sisi lain, kegiatan ini juga menjadi momen evaluasi agar pelaku usaha lokal bisa terus meningkatkan kualitas produk sehingga makin diminati konsumen.



"Saya yakin kualitas produk-produk lokal Kotawaringin Timur tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Diperlukan kepedulian dan perhatian semua pihak membantu pelaku usaha agar terus mengembangkan usahanya," ujar Supian.



Sementara itu, pembukaan Sampit Expo 2019 pada Sabtu sore sempat diwarnai angin kencang dan hujan deras. Bahkan beberapa tenda stan sempat terjungkal akibat derasnya angin.



Meski begitu, pembukaan Sampit Expo 2019 berjalan lancar. Masyarakat terlihat antusias berkeliling melihat berbagai produk lokal dan layanan yang bisa mereka dapatkan di lokasi acara.