Tiga desa di Pulang Pisau raih penghargaan BBGRM Kalteng

id Tiga desa di Pulang Pisau raih penghargaan BBGRM,Kalteng,Pulang Pisau,Lomba Desa

Asisten I Setda Pulang Pisau, Susilo I Tamin, Kepala BPMDes M Syaripul Pasaribu, bersama kepala desa pemenang lomba dalam rangkaian puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 di Sampit. (Foto BPMDes Kabupaten Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Tiga desa di Kabupaten Pulang Pisau berhasil meraih juara dalam kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Ini menjadi kebanggaan sekaligus menjadi motivasi bagi desa-desa lain. Kami minta agar semua desa di Kabupaten Pulang Pisau senantiasa meningkatkan kapasitasnya,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Pulang Pisau M Syaripul Pasaribu dihubungi dari Pulang Pisau, Kamis.

Penghargaan itu diserahkan dalam puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16, Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-47 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dipusatkan di ikon Jelawat Sampit.

Ketiga desa peraih penghargaan tersebut yaitu Desa Gandang Barat meraih juara kedua kategori lomba gotong royong masyarakat, Desa Kanamit Barat menjadi peringkat kedua kategori lomba UP2K dan Desa Talio Muara meraih juara harapan ketiga kategori lomba pasar desa.

Pemerintah kabupaten sangat bangga atas capaian ini dan diharapkan bisa ditingkatkan. Desa lain yang ada di Pulang Pisau diharapkan juga terpacu untuk terus meningkatkan diri.

Menurut Syaripul, peningkatan kapasitas desa bisa dilakukan dengan belajar dari beberapa desa yang telah menorehkan prestasi dalam lomba di tingkat Provinsi Kalteng. BPMDes selalu berusaha aktif untuk mengikutsertakan desa-desa yang memiliki potensi dalam berbagai bentuk lomba yang dilaksanakan.

Pemerintah daerah juga terus melakukan
pembinaan bagi desa yang terpilih sebagai desa juara di tingkat kabupaten. Desa ini yang menjadi wakil kabupaten setempat untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi maupun pusat.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di ikon Patung Jelawat itu, Syaripul mengungkapkan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Ketua TP PKK Kalteng Yulistra Ivo yang hadir juga turut menyerahkan langsung piala dan penghargaan kepada kepala desa yang menjadi pemenang lomba. Sementara hadir mewakili Bupati, H Edy Pratowo  Asisten I Setda Pulang Pisau, Susilo I Tamin serta camat dan kepala desa pemenang lomba.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar