Layanan bayar pajak kendaraan online di BukaLapak

id Bukalapak,pajak kendaraan ,bayar pajak online,Layanan bayar pajak kendaraan online di BukaLapak

Tangkapan layar laman Bukalapak untuk bayar pajak kendaraan online (Bukalapak)

Jakarta (ANTARA) - Bukalapak dalam waktu dekat akan memperluas cakupan pembayaran pajak kendaraan bermotor (samsat) untuk sejumlah daerah di Indonesia, setelah layanan itu hanya tersedia di Jawa Barat.

Co-founder dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid mengatakan sejumlah daerah di Indonesia mulai melakukan pendekatan dengan perusahaan jual beli dalam jaringan (online) itu untuk menerapkan pembayaran samsat elektronik.
 
"Pemprov lain mulai tertarik seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, mereka mulai bertanya dan berminat untuk kolaborasi," kata Fajrin Rasyid ditemui di Menara Rajawali, Jakarta Selatan, Kamis.
 
Selain itu, lanjut dia, beberapa pemerintah provinsi di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa juga sedang dalam proses kerja sama memanfaatkan kanal pembayaran pajak kendaraan di Bukalapak.
 
Namun, Fajrin belum mau membeberkan nama provinsi tersebut karena berkaitan dengan teknis finalisasi kerja sama.
 
"Sudah berproses, tunggu saja dalam waktu dekat," ucapnya.
 
Sedangkan, Pemprov DKI Jakarta, Fajrin menambahkan masih dalam tahap pembicaraan, namun semua itu tergantung kesiapan pemerintah daerah.
 
Hingga saat ini baru Pemprov Jawa Barat yang menggandeng perusahaan jual beli dalam jaringan itu untuk menerima pembayaran pajak kendaraan yang mulai berlaku awal Januari 2019.
 
Menurut Fajrin, Jabar dianggap jauh lebih siap menerapkan metode pembayaran pajak kendaraan bermotor via Bukalapak, apalagi didukung Gubernur Ridwan Kamil yang dinilai lebih dekat dengan era milenial dan cepat respon.
 
Selain kesiapan dari pemerintah daerah, dukungan dari kepolisian daerah dan perbankan juga memegang peranan.
 
Meski belum mengantongi data, namun sejak berlaku awal tahun ini, Fajrin mengaku penerimaan transaksi pajak kendaraan bermotor lewat Bukalapak cukup signifikan sehingga mendongkrak penerimaan daerah.
 
"Transaksi naik signifikan tetapi yang pasti penerimaan pajak dari kanal kami menjadi salah satu yang signifikan, dibandingkan sebelum ada Bukalapak," katanya.
 
Ia optimistis respon positif tersebut juga akan diberikan masyarakat di daerah lain karena memudahkan kewajiban pembayaran pajak termasuk mendorong penerimaan daerah.
 
Pembayaran pajak kendaraan bermotor khusus Jawa Barat di Bukalapak cukup mudah.
 
Setelah pengguna memiliki akun di Bukalapak, wajib pajak tinggal memasukkan nomor rangka kendaraan dan nomor KTP elektronik sesuai nama pemilik kendaraan.
 
Setelah dibayar, wajib pajak tinggal mengesahkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) ke gerai pengesahan di Jawa Barat dengan membawa bukti bayar yang dikirim melalui surat elektronik.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar