Lahan untuk bangun stadion sudah tersedia, kata Bupati Bartim

id pemerintah kabupaten barito timur,Bupati Barito Timur,ampera ay mebas,Jalan Patianom, Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur,Dinas Pekerjaan

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas menjelaskan, pihaknya sudah menyediakan lahan seluas empat hektare di Jalan Patianom, Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur untuk pembangunan stadion.

"Pada lahan tersebut, akan dilakukan pembangunan fisik awal berupa lapangan sepak bola dan atletik," katanya di Tamiang Layang, Jumat.

Jika lapangan sepak bola diperuntukan bagi cabang olahraga sepak bola, maka lapangan atletik diperuntukan untuk berbagai macam olahraga, seperti lari, lempar lembing hingga lompat jauh. Adapun anggaran yang disediakan pada tahun 2019 ini sebesar Rp2,7 miliar.

Sebelumnya, Ampera beserta jajaran yang meliputi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat melakukan pemantapan dan pematangan desain fisik stadion.

Pembangunan fisik awal berupa lapangan sepak bola, lintasan lari atau jogging track serta arena atletik. Sedangkan pembangunan tribun serta sarana penunjang lainnya akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan anggaran daerah.

"Dalam perencanaannya, membangun stadion secara utuh memerlukan dana sekitar Rp50 miliar. Karena keterbatasan anggaran, maka realisasi pembangunannya dilaksanakan secara bertahap," ungkapnya.

Untuk mempercepat realisasinya, Pemkab Bartim akan membuat usulan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

"Kami akan mencoba mengusulkan kepada pemerintah pusat, supaya pembangunan stadion bisa direalisasikan secepatnya," jelasnya.

Stadion tersebut tidak hanya didesain untuk digunakan sebagai arena olah raga, tetapi juga sebagai kegiatan tahunan yang formal maupun non formal, seperti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI maupun acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dan lainnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar