Bupati Nadalsyah minta Kades pantau kehadiran guru dan tenaga kesehatan

id rembug desa se barito utara,bupati minta kades pantau guru dan petugas medis,bupati nadalsyah

Bupati Nadalsyah minta Kades  pantau kehadiran guru dan tenaga kesehatan

Bupati Nadalsyah memberikan sambutan pada rembug desa se-Barito Utara di Muara Teweh, Rabu (10/4/2019). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Nadalsyah meminta para kepala desa untuk memantau kehadiran guru dan petugas medis di daerah setempat.

"Kehadiran guru di sekolah untuk melaksanakan tugas merupakan kewajiban seorang pegawai negeri yang punya tanggungjawab.Apalagi keberadaan tugas mengajar juga digaji oleh pemerintah," kata Bupati H Nadalsyah pada rembug desa se-Barito Utara di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Nadalsyah, saat ini ada banyak laporan masyarakat keberadaan atau kehadiran guru  tidak melaksanakan tugas disekolah.Sehingga masalah seperti dikawatirkan mengganggu proses belajar di sekolah.
 
Bupati Nadalsyah menyalami peserta rembug desa se Barito Utara di Muara Teweh, Rabu (10/4/2019). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Saat ini memang kalau dinas teknis melakukan pemantauan sangat terbatas, dengan adanya kepala Desa, maka diharapkan dapat membantu dinas pendidikan mengawasi kehadiran guru di sekolah.

"Saya minta kepada seluruh para kades melaporkan kehadiran guru di sekolah.laporannya nanti akan ditindak lanjuti baik dinas teknis maupun pemerintah daerah,"kata Nadalsyah.

Nadalsyah mengatakan, selain tenaga pengajar, tenaga kesehatan juga dilaporkan.Sebab dua bidang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ini sangat sering dilaporkan, terutama kehadiran di wilayah tugas masing masing.

Tenaga kesehatan yang ditempatkan di Perdesaan sangat diperlukan untuk membantu masyarakat, program ini merupakan wujud pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan. Apalagi hampir setiap desa tenaga kesehatan telah ditempatkan.

Setiap tahun anggaran untuk dua bidang seperti pendidikan dan kesehatan sangat besar, hal ini juga harus dibarengi dengan kinerja aparatur yang sudah ditempatkan baik di Kecamatan hingga perdesaan.

"Tugas kepala desa selain melaksanakan pembangunan juga berkewajiban memantau keberadaan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan,karena ini juga menyangkut dengan pembangunan," tegas Nadalsyah.