Keluarga penerima bansos rastra di Gunung Mas tidak berubah

id kabupaten gunung mas,gumas,dinsos gumas,kepala dinsos gumas,penerima rastra gumas,Budhy

Keluarga penerima bansos rastra di Gunung Mas tidak berubah

Sekretaris Lurah Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun Septinawatie (tengah), Kepala GSP Bulog Kuala Kurun Rushitanadie (dua dari kiri), Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Dinsos Gumas Yeni Trisantika (dua dari kanan), dan dua orang Anggota Polsek Kurun berfoto bersama usai pendistribusian rastra di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Selasa (2/4/2019) lalu. (Foto : IST)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah mencatat penerima manfaat bantuan sosial beras sejahtera tahun 2019 sebanyak 2.623 keluarga, tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun 2018.

"Sebanyak 2.623 KPM penerima bansos restra itu tersebar di 12 kecamatan," kata Kepala Dinsos Gunung Mas Budhy di Kuala Kurun, Rabu.

Adapun sebaran penerima bansos rastra yakni di Kecamatan Sepang tercatat 151 KPM, Mihing Raya 85 KPM, Kurun 332 KPM, Rungan Hulu 188 KPM, Rungan 129 KPM, Rungan Barat 166 KPM, Manuhing 246 KPM, Manuhing Raya 221 KPM, Tewah 507 KPM, Kahayan Hulu Utara 309 KPM, Miri Manasa 185 KPM, dan Damang Batu 104 KMP.

"Untuk penyaluran atau pendistribusian rastra, dilakukan oleh Bulog didampingi Dinsos Kabupaten Gumas, serta mendapat pengawalan dan pengawasan dari pihak kepolisian," kata Budhy.

Terpisah, Kepala Gudang Semi Permanen (GSP) Bulog Kuala Kurun Rushitanadie menyebut, untuk wilayah Kabupaten Gumas pendistribusian rastra dilakukan oleh Bulog Kuala Kurun dan Bulog Palangka Raya.

Bulog Palangka Raya mendistribusikan rastra kepada KPM di Kecamatan Sepang, Mihing Raya, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya. Sedangkan Bulog Kuala Kurun mendistribusikan rastra untuk KPM di Kecamatan Kurun, Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, Miri Manasa, dan Rungan Hulu.

"Setiap KPM mendapat rastra sebanyak 10 kg per bulan. Hanya saja, untuk pendistribusian tidak dilakukan setiap bulan, melainkan didistribusikan sekaligus langsung untuk beberapa bulan ke depan," beber Rushitanadie 

Sejauh ini, rastra sudah didistribusikan ke sejumlah kecamatan seperti Sepang, Kurun, Tewah, dan Kahayan Hulu Utara. Penyaluran dilakukan dari Bulog ke pihak kecamatan. Selanjutnya, kecamatan mendistribusikan ke desa/kelurahan.

“Khusus untuk wilayah Kecamatan Kurun yang pendistribusian rastranya menjadi tanggungjawab Bulog Kuala Kurun, kami mendistribusikan langsung ke desa/kelurahan dan sudah kami distribusikan pada awal April lalu,” demikian Rushitanadie.