Sejumlah provinsi akan berpartisipasi dalam Kalteng Quality Expo

id hari ulang tahun ke-62 Kalimantan Tengah,Kalteng Quality Expo,Arena Pameran Temanggung Tilung,Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat,jawa timur,Kementer

Ilustrasi, Stan Indo Persia Destination yang memfasilitasi lima perusahaan dari industri wisata Indonesia dialam pameran wisata internasional TITEX 2018 di Teheran, Iran (Foto Antara Kalteng/Zaenal Abidin)

Palangka Raya (ANTARA) - Memeriahkan hari ulang tahun ke-62 Kalimantan Tengah, pemerintah provinsi akan kembali menggelar Kalteng Quality Expo yang rencananya dilaksanakan pada 29 April-3 Mei 2019 di Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya.

"Ada sejumlah peserta yang berasal dari luar daerah, seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Jawa Timur," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Senin.

Aster menjelaskan, kegiatan ini berskala nasional dan akan melibatkan banyak pelaku usaha yang berasal dari kabupaten/kota se-Kalteng serta provinsi lainnya. Bahkan pihaknya juga mengundang Kementerian Perdagangan untuk berpartisipasi namun masih belum mendapatkan konfirmasi.

Banyaknya peserta yang berpartisipasi dan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut, diharapkan dimanfaatkan secara optimal untuk memacu laju pertumbuhan ekonomi di daerah sekaligus kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai media informasi terkait program pembangunan pemprov hingga menjadi sarana untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan," jelasnya.

Kemudian juga sebagai media promosi produk unggulan, sehingga pemasarannya dapat dikembangkan dan diperluas hingga ke ke luar daerah bahkan mancanegara. Sebab dalam kegiatan itu, pelaku usaha, pengrajin maupun masyarakat akan dipertemukan secara langsung.

Aster menyebut, agenda tahunan pemprov itu juga menjadi sarana tepat, terhadap upaya pengembangan konsep ekonomi kreatif yang diproyeksikan sebagai pilar utama ekonomi di daerah pada masa mendatang.

"Semua sektor akan ditampilkan pada acara ini, mulai dari kerajinan, niaga yang meliputi otomotif dan umkm serta berbagai hasil industri yang diperdagangkan," papar Aster.

Kalteng Quality Expo tahun ini diyakini lebih meriah dan beragam. Rencananya akan ada sebanyak 180 stand yang digelar, terdiri dari stand dalam ruangan 100 unit serta 80 unit yang berada di luar ruangan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar