Golkar berhasil kalahkan PDIP di dapil satu Palangka Raya, ini daftar caleg berpeluang terpilih

id Kota Palangka Raya, perolehan suara dapil 1 Palangka Raya, caleg terpilih DPRD Palangka Raya, caleg dapil 1 Palangka Raya

Golkar berhasil kalahkan PDIP di dapil satu Palangka Raya, ini daftar caleg berpeluang terpilih

Saksi dari berbagai partai politik yang mengikuti rapat pleno rekapitulasi suara calon legislatif di Kota Palangka Raya menghadiri rapat pleno yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang dipusatkan di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di daerah itu, Jumat (3/5/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sudah menyelesaikan seluruh rekapitulasi dan melakukan pleno terhadap hasil perolehan suara partai politik dan para calon legislatif untuk daerah pemilihan satu DPRD Palangka Raya, Jumat.

"Secara keseluruhan rekapitulasi suara calon legislatif dari tiga dapil sudah rampung dan tidak ada kendala dalam rapat tersebut," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Chioiriyah usai memimpit rapat pleno yang di pusatkan di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata daerah setempat.

Pihaknya sampai saat ini belum berani memastikan siapa saja calon legislatif (Caleg) bakal mengisi 30 kursi di setiap dapil satu, dua dan tiga. Sebab pihaknya juga akan kembali melakukan penghitungan dengan metode yang sudah diatur dalam menentukan kuota dimana nantinya akan diisi oleh para caleg terpilih di periode 2019-2024.

"Setelah rilis dari Mahkamah Konstitusi (MK) di keluarkan bila tidak ada gugatan dari beberapa parpol, maka proses penetapan peserta pemilu yang bakal terpilih akan kami umumkan siapa-siapa saja, kalau saat ini kami belum bisa," katanya.

Berikut suara keseluruhan partai politik dan caleg yang berpotensi besar meraih kursi di DPRD Kota Palangka Raya dari dapil satu meliputi Kecamatan Jekan Raya A (Kelurahan Bukit Tunggal dan Ketimpun), Bukit Batu dan Rakumpit, berdasarkan data yang diterima dari KPU setempat.

Perolehan suara tertinggi diraih oleh Partai Golongan Karya (Golkar) mencapai 5.993 suara dan berpeluang menduduki dua kursi, kemudian disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan capaian suara 5.863, berpeluang satu kursi.

Sedangkan satu kursi lainnya berpeluang di duduki dari Partai Nasdem dengan suara 4.760, selanjutnya dari Partai Demokrat 2.639 suara berpotensi meraih satu kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 2.576 suara juga satu kursi. 

Sementara itu untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 2.101 suara dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berhasil mengumpulkan suara 2.002, kedua partai tersebut masing-masing berpeluang mendapatkan satu kursi di lembaga legislatif di daerah setempat. 

Baca juga: Daftar caleg dapil tiga Palangka Raya yang berpeluang terpilih

Selanjutnya, caleg yang berpeluang menduduki kursi di DPRD  yang memiliki suara tertinggi yakni, Sudarto dan HM Kemal Nasery dari Partai Golkar, Sigit Widodo dari PDIP, Jhony Arianto Satria Putra dari Partai Nasdem, Junita BR Ginting dari Partai Demokrat. 

Kemudian Jumatni dari PAN, Yudhi Karlianto Manan dari PKB dan terakhir di dapat oleh Ruselita dari Partai Perindo.

Baca juga: Ini perolehan suara partai dan caleg Pulang Pisau