159 JCH Barito Selatan ikuti bimbingan manasik haji gabungan

id pemkab barsel,pemerintah kabupaten barito selatan,kementerian agama,abdul majid rahimi,jemaah calon haji,ibadah haji ke tanah suci makkah,manasik haji

Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Abdul Majid Rahimi. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 159 jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengikuti bimbingan manasik haji gabungan yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) tingkat kecamatan di wilayah setempat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan Abdul Majid Rahimi di Buntok, Selasa, mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman dan bimbingan kepada JCH dengan benar.

"Kami memberikan bimbingan dan panduan tata cara, serta urutan pelaksanaan ibadah haji. Hingga nantinya mereka bisa menjalankan rukun Islam yang kelima dengan lancar," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan kepada JCH yang akan diberangkatkan nantinya, supaya bisa mengikuti kegiatan yang dilaksanakan tersebut dengan baik.

Majid menjelaskan, materi yang disampaikan oleh para narasumber sangatlah bermanfaat, baik pada saat embarkasi maupun menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah.

"JCH juga harus menjaga kesehatan, agar bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa adanya gangguan yang dapat menghambat pelaksanaan ibadah di tanah suci," tuturnya.

Ketua Panitia Pelaksana Agus Salim menyampaikan, dalam bimbingan manasik haji itu akan dijelaskan tentang pelaksanaan sholat arbain dan ziarah, tata cara ibadah dan kegiatan lainnya selama di perjalanan maupun saat berada di dalam pesawat.

Selain itu mereka juga akan diberikan penjelasan tentang akhlak jemaah, budaya Arab, hak dan kewajiban, hikmah haji hingga pemahaman tentang haji mabrur.

"Juga terkait dengan kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan haji dan umrah, kebijakan pelayanan kesehatan haji, pengelolaan keuangan haji dan proses perjalanan ibadah haji gelombang I maupun gelombang II," jelas Agus Salim.

Narasumber dalam kegiatan tersebut, yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan Abdul Majid Rahimi, Kasubag TU Kantor Kemenag Arbaja, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Barsel Zaidin, Ustaz HM Sibawaihi dan Ustaz Sukri.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar