Bupati Gumas dorong warganya rutin berolahraga

id pemkab gumas,pemerintah kabupaten gunung mas,kuala kurun,bupati jaya s monong,jalan sehat,olahraga

Bupati Gumas dorong warganya rutin berolahraga

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (dua dari kiri) beserta jajaran, mengikuti jalan sehat bersama masyarakat, Kuala Kurun, Rabu, (19/6/2019). (Foto Diskominfo dan SP Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengatakan pembangunan kapasitas sumber daya manusia hanya dapat dilakukan jika memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

"Salah satunya adalah dengan aktif berolahraga seperti lari ataupun berjalan kaki," katanya saat pembukaan jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-17 Gunung Mas di Kuala Kurun, Rabu.

Jalan kaki merupakan salah satu kegiatan mengolah tubuh, guna menjaganya tetap sehat dan bugar, karena kesehatan adalah modal utama bagi siapapun untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.  

Selain berolahraga, pihaknya juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menerapkan dan membudayakan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. Hingga nantinya terwujud peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berdaya saing.

Semua pihak diharapkan bersama-sama menumbuhkan rasa kekeluargaan, membangkitkan jiwa gotong royong serta mempererat tali persaudaraan, berbaur dalam satu pandangan membangun Gumas yang maju, sejahtera dan bermartabat.

“Sudah saatnya ego pribadi atau kelompok dapat kita pinggirkan, untuk lebih mengutamakan kepentingan daerah dan membangun Gunung Mas tercinta,” tegas orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu.

Lebih lanjut semua pihak diminta berjuang bersama, meningkatkan pembangunan yang berdaya saing dan kapasitas SDM untuk memanfaatkan berbagai potensi sumber daya alam, budaya dan adat secara lestari.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Gunung Mas Yunika Simpei mengatakan, kegiatan jalan sehat diikuti oleh para pegawai di lingkup Pemkab Gumas, instansi vertikal serta masyarakat umum.

Untuk rute, lanjut dia, dimulai dari Taman Kota Kuala Kurun, menuju Jalan A Yani, Sabirin Muctar, Dambung Tahunjung, Damang Gaman, Sangkurun dan kembali ke Taman Kota Kuala Kurun.

“Panitia kegiatan menyiapkan berbagai hadiah menarik seperti mesin cuci, kompor gas, beras dan lainnya. Sebagai hadiah utama adalah dua unit sepeda motor,” demikian Yunika.