Pelayanan publik di Gumas harus lebih efektif, kata Gubernur Kalteng

id kabupaten gunung mas,gumas,hut gumas,gubernur kalteng,sugianto sabran,bupati gumas,jaya s monong

Pelayanan publik di Gumas harus lebih efektif, kata Gubernur Kalteng

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menyalami tamu undangan yang hadir usai Upacara Hari Jadi ke-17 Kabupaten Gunung Mas, di Kuala Kurun, Jumat (21/6/2019). (Foto Setda Gunung Mas)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengingatkan sekaligus meminta Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap pelayanan publik yang lebih efektif, efisien serta memuaskan.

Permintaan tersebut disampaikan Sugianto melalui sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Gumas Jaya S Monong, saat Upacara memeringati Hari Jadi ke-17 Kabupaten Gumas, di Kuala Kurun, Jumat.

"Pemkab Gumas harus merespon dan memperhatikan tuntutan masyarakat terhadap perbaikan pelayanan publik yang lebih efektif, efisien dan memuaskan," ucapnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu juga menekankan pentingnya rasa aman yang menjadi kebutuhan dasar penting. Untuk itu situasi dan kondisi masyarakat Kalteng yang selama ini kondusif, dengan sikap keterbukaan, kesetaraan, saling menghormati, gotong royong dalam filosofi huma betang dan belum bahadat, harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Dikatakan, pada usia ke-17, beberapa prestasi telah diraih oleh Kabupaten Gumas. Diantaranya adalah penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (RI) sebagai Kabupaten Peduli HAM pada tahun 2016.

Kemudian tiga tahun berturut-turut mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, yakni tahun anggaran 2016, 2017, dan 2018.

"Prestasi lainnya hasil akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI yang memperoleh predikat B," ucapnya.

Baca juga: Perusahaan di Gumas didesak sampaikan laporan realisasi pembayaran THR

Menurut Gubernur, penilaian itu menunjukkan tingkat efektivitas dan efisien penggunaan anggaran dibandingkan capaian kinerjanya sudah cukup baik, dan juga kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemkab Gumas sudah menunjukkan hasil yang baik.

Diapun mengajak seluruh pihak untuk bekerja sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggungjawab dan senantiasa menjaga amanah yang telah diberikan masyarakat. Bekerja secara profesional dan penuh integritas, selalu bersinergi dengan pemprov dan pemerintah pusat.

"Itu semua untuk terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Gumas. Jadikan momentum hari jadi ini untuk membangun semangat baru dan selalu mengedepankan kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Gumas," demikian Sugianto.

Baca juga: Bupati Gumas dorong warganya rutin berolahraga

Baca juga: Pelaku usaha harus dibina secara bekelanjutan, kata Legislator Gumas