DPRD minta pemprov Kalteng dukung pengembangan wisata di DAS Barito

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,wakil ketua komisi c dprd kalteng,reza fahroni

DPRD minta pemprov Kalteng dukung pengembangan wisata di DAS Barito

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kalteng Reza Fahroni. (koleksi pribadi Reza) (/)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi C DPRD Kalimantan Tengah Reza Fahroni menilai objek wisata di daerah aliran sungai (DAS) Barito, memiliki potensi yang luarbiasa apabila dikembangkan secara serius oleh pemerintah kabupaten dan didukung provinsi.

Objek wisata di DAS Barito ada sungai dan air terjun serta kondisi alamnya masih sangat bagus dan alami, sehingga berpotensi mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara, kata Reza di Palangka Raya, kemarin.

"Tapi sangat disayangkan, dari sekian banyak potensi wisata di sana, ternyata masih belum mendapat dukungan dana guna menunjang peningkatan, baik sarana dan prasaranan yang memadai dari pemerintah kabupaten maupun provinsi," beber dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya itu pun meminta Pemprov, melalui dinas terkait dapat membantu peningkatan sarana penunjang di sejumlah objek wisata di DAS Barito.

Reza mengatakan selama ini masyarakat di sekitar DAS Barito kebanyakan mencari objek wisata ke provinsi lain, khususnya Kalimantan Selatan. Padahal potensi wisata di DAS Barito tidak kalah menarik apabila ditunjang fasilitas maupun promos.

Baca juga: Raperda inisiatif tentang PBBKD harus fokus ke suku Dayak

"Dukungan Pemprov tentunya bisa berupa pembangunan sarana toilet, gazebo, penginapan dan juga promosi-promosi ke kabupaten maupun provinsi lain," ucapnya.

Dia mengaku Komisi C DPRD Kalteng selalu mendorong dinas terkait membantu pemerintah kabupaten dalam pengembangan wisata di daerah, termasuk di DAS Barito. Hanya, sampai sekarang ini belum mendapat tindak lanjut yang signifikan dari Pemprov, sehingga potensi wisata di daerah kurang dikenal masyarakat luas.

Meski begitu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kalteng itu menegaskan akan terus berupaya dan berjuang, agar pemprov memberikan dukungan dan membantu pengembangan objek wisata di DAS Barito.

"Di Kabupaten Murung Raya itu ada banyak air terjun yang bagus dan indah karena masih asri serta alami. Jadi, kalau dibantu dengan sarana dan prasaranan tentu akan dapat menarik wisatan lokal, nasional bahkan mancanegara," demikian Reza.

Baca juga: DPRD Kalteng ingatkan pemprov penuhi target serapan anggaran