Lantik 10 kepala sekolah, ini harapan Bupati Sukamara

id Lantik 10 kepala sekolah, ini harapan Bupati Sukamara,Bupati Sukamara,Windu subagio,Kepala sekolah

Lantik 10 kepala sekolah, ini harapan Bupati Sukamara

Inilah 10 kepala sekolah yang dilantik oleh Bupati Sukamara Windu Subagio, Senin (22/7/2019). (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara Kalimantan Tengah H Windu Subagio melantik 10 kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten setempat seraya berharap kebijakan ini membawa dampak positif.

"Kepala sekolah memegang penuh kendali maju atau tidaknya sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah harus membuat ide kreatif untuk memajukan sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah juga harus mempunyai kemampuan untuk mengombinasikan dan memanfaatkan sumber daya secara optimal,” kata Windu saat melantik 10 kepala sekolah di SMPN 1 Sukamara, Senin.

Windu mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan adalah amanah bagi ASN, dalam hal ini guru untuk menempati posisi kepala sekolah. Jabatan kepala sekolah yang diisi ini sebelumnya hanya dijabat pelaksana tugas.

Kepala yang dilantik diharapkan dapat menjalankan amanah yang dipercayakan ini dengan baik. Kehadiran mereka diharapkan membawa kemajuan bagi sekolah tersebut.

Menurut Windu, kepala sekolah harus dapat menjadi sosok pribadi yang tangguh, handal dan teruji dalam rangka pencapaian tujuan sekolah. Kepala sekolah bukanlah mereka yang kebetulan mempunyai nasib baik, apalagi secara kebetulan direkrut untuk menduduki posisi tersebut.

Kepala sekolah juga merupakan tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah sebagai tempat penyelenggaraan proses belajar mengajar. Oleh karena kepala sekolah diharapkan dapat dicontoh baik guru maupun para siswanya.

Kepala sekolah bisa dianggap sebagai manajer atau pemimpin. Kepala sekolah harus mampu melihat perubahan, serta mampu melihat ke depan dalam kehidupan globalisasi, sehingga dia dapat memecahkan dan mengatasi persoalan ke arah yang lebih baik lagi.

"Sebagai fungsi seorang manajer, kepala sekolah harus bertanggung jawab terhadap amanah yang diberikan demi kelancaran serta keberhasilan dari sekolah yang dipimpinnya. Sekali lagi saya harapkan agar amanah yang diberikan benar-benar dijalankan dengan sebaik-baiknya,” demikian Windu. 

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar