Pensiun jadi menteri, Sri Mulyani ingin coba mobil listrik ini

id Sri Mulyani ingin coba mobil listrik ini,Sri Mulyani,Pensiun jadi menteri,mobil listrik

Pensiun jadi menteri, Sri Mulyani ingin coba mobil listrik ini

Menter Keuangan Sri Mulyani berada di balik kemudi mobil listrik Toyota Prius Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) saat mengunjungi booth Toyota yang hadir di GIIAS 2019 di BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (24/07/2019). Di hadapan para pelaku bisnis otomotif Menkeu menjelaskan bahwa dalam minggu ini akan ditandatangani Perpres Mobil Listrik, untuk percepataan program kendaraan bermotor listrik untuk transportasi serta Peraturan Pemerintah menyangkut bahan dari pajak yang bersangkutan dengan klasifikasi emisi dari otomotifnya. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Jakarta (ANTARA) - Tangerang - Usai menyampaikan materi pada seminar "Future Technologi in Motion" di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, di Tangerang, Banten, Rabu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkunjung ke sejumlah booth, di antaranya booth Toyota Astra Motor.

Sri Mulyani yang baru saja menyampaikan tren dan kebijakan pemerintah terkait mobil listrik pun berjalan di tengah kerumunan didampingi Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johannes Nangoi dan jajaran pengurus lainnya serta Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Terlihat mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu antusias berjalan ketika diinformasi ada mobil Plug in Hybrid di Toyota.

Langkahnya terhenti pada sebuah mobil berwarna putih dengan desain sport, yang disampingnya ada semacam tempat charging. Itulah Toyota Prius Plug in Hybrid Vehicle (PHV) Seri Gazoo Racing (GR).

Manager PR PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat yang berada di samping Sri Mulyani pun menjelaskan secara singkat mobil ramah lingkungan berteknologi hibrid yang dicharge dengan energi listrik, namun juga masih menggunakan bensin sebagai tenaga penggerak lainnya, sehingga irit bahan bakar.

Baca juga: Diberlakukannya Perpres kendaraan listrik mampu tarik investasi di Indonesia

Setelah itu Sri Mulyani yang mengenakan baju tunik hitam dan kain tenun dengan warna senada itu pun masuk ke ruang kabin Toyota Prius PHV Seri GR itu dan duduk dikursi pengemudi.

"Interiornya bagus juga ya," kata Menteri yang dalam seminar menyatakan bahwa dalam pekan ini Presiden Joko Widodo kemungkinan menandatangani Peraturan Pemerintah yang memberi insentif pada mobil ramah lingkungan pada pekan ini. 

Ia pun bertanya terkait panel layar besar di tengah dashboard. "Layar besar ini untuk apa?" tanya Sri Mulyani yang memundurkan dulu kursi kemudi agar posisi duduknya nyaman.

Rouli Sijabat pun menjelaakan bahwa layar besar ini seperti ruang kontrol dan informasi tentang mode tenaga penggerak yang sedang beroperasi saat mobil berjalan, antara mesin bensin dan listrik.

"Bagus, saya kalau sudah pensiun jadi menteri mau juga mobil ini," ujar Sri Mulyani yang mengaku ketika tinggal selama enam tahun di Amerika Serikat memiliki mobil hibrid Toyota Prius dan sempat mencoba mobil listrik Tesla yang sedang hit di Amerika kala itu.

Baca juga: Bahas pajak mobil listrik, Mercedes-Benz siap dilibatkan

Baca juga: Produsen mobil China buka peluang produksi mobil listrik di Indonesia