SMPN 9 Muara Teweh juara I sekolah model tingkat Kalteng

id smpn 9 muara teweh,smpn 9 muara teweh juara i sekolah model tingkat kalteng,lpmp kalteng

SMPN 9 Muara Teweh juara I sekolah model tingkat Kalteng

Kepala SMPN 9 Muara Teweh Samson Sembiring (Kedua kanan) menerima hadiah juara pertama yang diserahkan oleh Kepala LPMP Kalteng Hj Sukaryanti di Palangka Raya, Minggu (28/7/2019). (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - SMP Negeri 9 Muara Teweh, berhasil meraih juara I Sekolah Model SPMI (Sistem Penjamin Mutu Internal) tingkat Kalimantan Tengah yang merupakan salah satu dari lima sekolah model yang ditunjuk oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan untuk mewakili Kabupaten Barito Utara.

Sekolah yang berada di kilometer 7  wilayah Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru ini bersaing dalam rangka ekspose kegiatan sekolah model tingkat provinsi yang diselenggarakan  LPMP Kalteng di Palangka Raya pada 27- 28 Juli 2019, yang diikuti oleh 62 peserta sekolah model dari perwakilan 13 kabupaten dan 1 kota.  

"Kami bersyukur terpilih menjadi terbaik sebagai sekolah model di Kalteng tahun ini, semoga ini menjadi motivasi kami untuk terus berkarya sehingga bermanfaat baik bagi guru dan sekolah maupun anak didik," kata Kepala SMPN 9 Muara Teweh Samson Sembiring di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, SPMI adalah sistem penjaminan  mutu yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan.

Ada beberapa tujuan SPMI meliputi sekolah memahami standar nasional pendidikan (SNP) dan penjaminan mutu pendidikan, selain itu juga sekolah memiliki komitmen intuk menjalankan penjaminan  mutu dan meningkatkan mutu pendidikan.
 
Kepala SMPN 9 Muara Teweh Samson Sembiring dan guru foto bersama dengan Kepala LPMP Kalteng Hj Sukaryanti dan tim penilai usai menyerahkan hadiah di Palangka Raya, Minggu (28/7/2019). (Istimewa)
"Sekolah dapat melakukan seluruh siklus  penjaminan dan meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).Sekolah model yang ditunjuk dapat memberikan ilmu dan informasi tersebut kepada seluruh pemangku kepentingan baik di dalam maupun di luar sekolah," katanya. 

Dia mengatakan, sekolah model SPMI  adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh LPMP untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain yang ada di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri  dalam menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan  baik secara sistemik, holistik dan berkelanjutan.

Sehingga dapat menciptakan budaya mutu dan berkembang untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada sekolah lain yang berada disekitarnya. Sekolah model menjadi sekolah percontohan bagi sekolah lain dalam menerapkan pelaksanaan penjaminan mutu secara mandiri dan internal.

"Kami dari keluarga besar SMPN 9 Muara Teweh mengucapkan terima kasih atas dukungannya kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Syahmiludin A Surapati serta jajarannya," kata Samson.