250 pohon peneduh hijaukan jalan protokol Kapuas

id 250 pohon peneduh hijaukan jalan protokol Kapuas,Kapuas,Penghijauan

250 pohon peneduh hijaukan jalan protokol Kapuas

TNI-Polri bersama instansi terkait lainnya melakukan penanaman pohon peneduh di sepanjang jalan protokol Kota Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (31/7/2019). (Foto Antara Kalteng/ All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 250 bibit pohon peneduh jenis pohon mahoni dan tanaman berbuah seperti mangga ditanam disepanjang sisi jalan protokol pusat kota Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, khususnya di Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

“Penanaman pohon peneduh ini kami lakukan dengan harapan masyarakat turut serta menjaga dan memelihara tanaman tersebut,” ucap Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas Ahmad Isnaini, usai kegiatan penanaman pohon, Rabu.

Kegiatan itu juga menindaklanjuti instruksi Bupati Kapuas terkait penanaman pohon peneduh, penataan lingkungan serta menjaga kebersihan dan keindahan Kota Kuala Kapuas. 

“Karena di dalamnya menjadi kepentingan kita bersama untuk menjaga keindahan dan kebersihan Kota Kuala Kapuas,” katanya.
Penanaman pohon peneduh dilakukan bersama instansi terkait seperti pemerintah kecamatan, kelurahan dan TNI-Polri. 

“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada Polres, Kodim 1011/ Klk, serta instansi terkait lainnya dalam ikut serta mensosialisasikan Perda dan menyampaikan pemberitahuan tentang penghijauan dan penanaman pohon peneduh,” ungkap Isnaini.

Ditambahkannya, penanaman pohon peneduh itu tidak hanya dilakukan di kawasan Jalan Tambun Bungai saja, tetapi juga dilakukan di sejumlah jalan protokol lainnya yang ada di Kota Kapuas.

“Hari-hari sebelumnya kami dari PU sudah melakukan penanaman pohon peneduh di sepanjang jalan protokol di Kabupaten Kapuas dan juga jalan-jalan arteri lainnya, tujuan utamanya memang menciptakan kota teduh,” katanya.

Sementara itu, sebelum melakukan penanaman bibit pohon di sepanjang jalan tepatnya di depan kantor instansi serta toko dan ruko masyarakat setempat, pihaknya terlebih dahulu mendatangi para pemilik toko maupun ruko yang berjualan di sekitar kawasan protokol jalan Tambun Bungai Kota Kapuas untuk meminta izin menanam pohon tersebut.

Penanaman pohon peneduh yang dilakukan ini juga, mendapat sambutan baik dari kalangan masyarakat sekitar, karena selain bermanfaat bagi masyarakat, juga salah satu turut serta mendukung Kota Kuala Kapuas menjadi kota yang bersih dan indah.