UPT KLHK Kalteng-UMPR kolaborasi sukseskan penanaman pohon serentak 2024

id upt klhk kalteng, umpr, universitas muhammadiyah palangkaraya, penanaman pohon serentak 2024, kampus 2 umpr, palangkaraya, kementerian lingkungan hidu

UPT KLHK Kalteng-UMPR kolaborasi sukseskan penanaman pohon serentak 2024

UPT KLHK Kalteng-UMPR kolaborasi sukseskan Penanaman Pohon Serentak 2024 di Kampus 2 UMPR, Palangka Raya, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) -
Unit Pengelola Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (UPT KLHK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) berkolaborasi dalam menyukseskan program penanaman pohon secara serentak tahun 2024.
 
Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Jawa Barat-Banten, Taruna Jaya melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Senin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di 38 provinsi se-Indonesia.
 
"Secara nasional acara ini dipimpin Wakil Presiden Republik Indonesia secara daring. Sementara untuk di Kalteng, penanaman pohon di pusatkan di Kampus 2 UMPR," kata Taruna yang memimpin penanaman pohon di wilayah Kalteng.
 
Pada kegiatan itu UPT KLHK Kalteng dan UMPR menanam sekitar 200 pohon. Penanaman bibit pohon ini juga digelar dalam upaya meningkatkan keberlanjutan pelestarian lingkungan.
 
UPT KLHK Kalteng-UMPR kolaborasi sukseskan Penanaman Pohon Serentak 2024 di Kampus 2 UMPR, Palangka Raya, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-UMPR)


Penanaman pohon tersebut secara simbolis ditanam Taruna Jaya, bersama dengan para stakeholder, dosen, dan mahasiswa UMPR. Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian penanaman pohon di lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). Selain itu, juga merupakan langkah untuk menghijaukan lingkungan di Kampus 2 UMPR.
 
"Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda penanaman pohon yang melibatkan seluruh Indonesia. Kami berharap agar selanjutnya tanaman yang telah kita tanam dilakukan pemeliharaan intensif," katanya.

Baca juga: Bawaslu Kalteng bekali tim pemantau independen pemilu UMPR
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiliki agenda penanaman lanjutan pada bulan Februari, Maret, dan April 2024 di seluruh Indonesia, sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia untuk terus melakukan penanaman sepanjang musim penghujan 2023/2024.
 
Taruna Jaya menekankan bahwa ini adalah langkah nyata untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat di Indonesia dalam upaya penanaman pohon.
 
"Ini adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan langkah nyata untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi generasi mendatang," katanya.
 
Dengan sinergi antara lembaga pemerintah dan akademisi, diharapkan aksi nyata ini dapat memberikan dampak positif bagi keberlanjutan lingkungan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: UMPR sosialisasikan kemudahan program RPL bagi tenaga kontrak Kotim

Baca juga: Tim Futsal Utama Fisipol UMPR juarai Rektor Cup 2023

Baca juga: Disdik fasilitasi 500 guru ikuti vokasi pendampingan anak berkebutuhan khusus