Pemkot Palangka Raya meraih penghargaan dari KLHK terkait Proklim

id Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kalteng, Pemkot Palangka Raya meraih penghargaan dari KLHK, penghargaan Proklim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Pemkot Palangka Raya meraih penghargaan dari KLHK terkait Proklim

Pemkot Palangka Raya raih penghargaan program Proklim dari KLHK. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) meraih Piagam penghargaan tingkat kota/kabupaten dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim).

"Penghargaan ini adalah yang kedua kalinya diterima Pemkot Palangka Raya pada Program Kampung Iklim," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini di Palangka Raya, Senin.

Dia menerangkan, Kota Palangka Raya menjadi satu-satunya perwakilan dari Provinsi Kalimantan Tengah yang mendapatkan Apresiasi Pembinaan Proklim dari KLHK tersebut.

"Pencapaian ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras serta komitmen pemerintah pelaksanaan dan pembinaan Proklim. Ini menunjukkan bahwa upaya kami dalam pengelolaan dan pelaksanaan Proklim benar-benar memberikan hasil yang positif," kata Zaini.

Achmad Zaini menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas usaha Pemerintah Kota Palangka Raya dalam memperkuat pelaksanaan Proklim, yang mencakup sosialisasi, pelatihan, dan koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat langsung dalam program kampung iklim di kota ini.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pembinaan, sosialisasi, dan pelatihan kepada masyarakat tentang pengelolaan lingkungan. Penghargaan ini memotivasi kami untuk melanjutkan dan memperkuat program-program ini demi keberlanjutan dan kesejahteraan kota," ucapnya.

Selain itu, Zaini juga memberikan apresiasi kepada masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam program Proklim. “Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan aktif masyarakat.

"Kami berharap kerjasama yang baik ini akan terus berlanjut untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Kota Palangka Raya," tutupnya.

Dengan pencapaian ini, Kota Palangka Raya semakin mengukuhkan posisinya sebagai contoh unggul dalam pengelolaan lingkungan dan pelaksanaan program keberlanjutan, menegaskan komitmennya terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca serta adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya hadirkan beras SPHP dengan harga murah untuk masyarakat

Sebelumnya pada pertengahan 2024 lalu, sebanyak 10 kelurahan di Kota Palangka Raya belum lama ini meraih Piagam Partisipasi Proklim. Piagam ini diberikan atas kontribusi dan partisipasi aktif kelurahan dalam mengimplementasikan berbagai upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim serta meningkatkan ketahanan lingkungan.

Sepuluh kelurahan tersebut yakni Kelurahan Habaring Hurung, Kameloh Baru, Pahandut Seberang, Palangka, Petuk Katimpun, Tanjung Pinang, Tumbang Tahai, Bukit Tunggal, dan Langkai.

Sampai akhir 2021 lalu "Kota Cantik" ini telah memiliki empat kampung iklim yakni Kelurahan Kalampangan meraih kategori Proklim Utama Tahun 2018, Kelurahan Sabaru, Kelurahan Kereng Bankirai, dan Kelurahan Tumbang Rungan meraih kategori Proklim Madya Tahun 2021.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya kembali laksanakan Gerakan Pangan Murah

Baca juga: Pemkot Palangka Raya dapat pendampingan GIZ Jerman untuk pengelolaan sampah

Baca juga: Pembangunan berbasis lingkungan jadi perhatian Pemkot Palangka Raya