PLN UID Kalselteng raih penghargaan pendukung ProKlim KLHK

id PT PLN. PLN Kalimantan Selatan, PLN Kalimantan Tengah, PLN UID Kalselteng, Kalimantan Tengah, Kalteng, PLN Kalselteng raih penghargaan

PLN UID Kalselteng raih penghargaan pendukung ProKlim KLHK

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar secara simbolis menyerahkan penghargaan Pendukung ProKlim Tahun 2024 kepada Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, Sigit Fanani selaku perwakilan manajemen PLN UID Kalselteng pada ajang Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi dan EBT (LIKE2) yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (9/8). ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Menjelang Peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia Ke-79, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UID Kalselteng) berhasil meraih Penghargaan Pendukung Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

"Kalselteng menjadi satu-satunya unit PLN di seluruh Indonesia yang mewakili PLN Holding dalam menerima penghargaan ProKlim ini," kata General Manager PLN UID Kalselteng Ahmad Syauki melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya.

Dia pun menyampaikan rasa bangganya atas hasil tersebut dan menegaskan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi PLN UID Kalselteng untuk terus meningkatkan peran serta dalam program-program lingkungan.

"Penghargaan ini bukan hanya sebuah apresiasi, tetapi juga tantangan bagi kami untuk terus berbuat lebih baik," katanya.

Pihaknya juga berkomitmen terus mendukung program-program lingkungan dan iklim, serta berkontribusi positif terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh tim di PLN UID Kalselteng, serta kolaborasi dengan berbagai pihak terkait," tukas Syauki.

Sementara itu, Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UID Kalselteng, Sigit Fanani menerangkan,penghargaan bergengsi itu diterimanya pada ajang Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi dan EBT (LIKE2) yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan Jumat (9/8).

PLN UID Kalselteng melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya (TJSL) telah melakukan pendampingan ProKlim selama lebih dari dua tahun terakhir terhadap 10 desa/kelurahan di Kalimantan Selatan untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim.

"Salah satu programnya yaitu Bank Sampah Sekumpul di Martapura, Kalimantan Selatan yang berfokus pada pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan serta pemberdayaan masyarakat sekitarnya," beber dia.

Sigit Fanani juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya program ProKlim di wilayah kerja PLN UID Kalselteng. Sebab, dirinya mengakui bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah, masyarakat, organisasi dan komunitas yang terus bersinergi dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Baca juga: YBM PLN Kalselteng berbagi kebahagiaan bersama panti

"Kami menyadari bahwa pencapaian ini adalah hasil dari kerja sama yang solid antara PLN, pemerintah dan masyarakat. Kami berharap, kedepannya, sinergi ini dapat terus ditingkatkan untuk menciptakan lebih banyak kampung ProKlim di wilayah Kalimantan," kata Sigit.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya PLN UID Kalselteng dalam mendukung program ProKlim. Di mana penghargaan ini adalah pengakuan atas kerja keras yang telah dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk dunia usaha seperti PLN, yang berperan aktif dalam mendukung program ProKlim.

Dia menambahkan, penghargaan ini merupakan bukti nyata atas kerja keras dan komitmen yang telah ditunjukkan, baik oleh pelaksana ProKlim di lapangan, kepala daerah yang terus memberikan pembinaan, maupun dunia usaha.

"Terutama yang secara konsisten mengambil peran untuk mendampingi program Desa ProKlim dalam mendukung upaya perlindungan lingkungan dan adaptasi perubahan iklim," demikian Siti Nurbaya.

Baca juga: Dirut PLN raih penghargaan tokoh inspiratif penggerak transisi energi

Baca juga: PLN Electric Run 2024 diminati, slot Early Bird ludes kurang dari satu jam

Baca juga: Srikandi PLN ajak anak dan orang tua bermain bersama di momen HAN