Pemkab Lamandau harapkan dukungan KLHK wujudkan keseimbangan pembangunan

id pemkab lamandau, pj bupati said salim, klhk, kementerian lingkungan hidup, siti nurbaya akbar

Pemkab Lamandau harapkan dukungan KLHK wujudkan keseimbangan pembangunan

Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan) mengunjungi Lamandau didampingi Pj Bupati Said Salim (tiga dari kiri) beserta jajaran, (7/9/2024). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat yang di antaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam mewujudkan keseimbangan dalam pelaksanaan pembangunan.

"Dukungan pemerintah pusat khususnya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat kami harapkan dalam mewujudkan keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan," kata Penjabat Bupati Lamandau Said Salim di Nanga Bulik, Senin.

Baca juga: Pj Bupati Lamandau tegaskan komitmen pacu penurunan stunting

Said Salim mengapresiasi kehadiran Menteri LHK Siti Nurbaya ke Kabupaten Lamandau (7/9). Diharapkan terjalin sinergi dalam berbagai program strategis yang dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup.

"Termasuk dalam pengelolaan hutan yang berkelanjutan serta mitigasi terhadap dampak perubahan iklim," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Lamandau tingkatkan kapasitas aparatur dalam penanganan pascabencana

Adapun saat kedatangan Menteri LHK Siti Nurbaya ke Lamandau, Said Salim beserta jajaran mendampingi kunjungan ke Desa Kinipan, Kecamatan Batang Kawa.

Kunjungan Menteri LHK yang datang bersama Bezos Earth Fund dilaksanakan dalam rangka untuk kemajuan perhutanan sosial, khususnya dalam pengakuan hukum atas hutan adat.

Saat berdialog dengan masyarakat, Menteri Siti Nurbaya mengatakan sudah sejak 2018 menganalisa dan mengikuti perkembangan Kinipan.

"Saya datang ke sini mengajak Bezos Earth Fund untuk mempelajari cara-cara menyelesaikan, cara-cara memperoleh hak masyarakat adat, hak adat dari penggunaan-penggunaan yang lain," tutur Siti Nurbaya. 

Bezos Earth Fund merupakan yayasan lembaga internasional yang memberikan perhatian kepada urusan-urusan masyarakat, termasuk masyarakat adat.

Baca juga: Pemkab Lamandau perkuat sinergi bersama Pengadilan Tinggi dalam pembangunan

Baca juga: Pj Bupati perkuat sinergi optimalkan pembangunan di Lamandau

Baca juga: Pj Bupati Lamandau harapkan KKN berdampak positif pada pembangunan desa