Warga Palangka Raya gelar syukuran dalam memperingati HUT RI

id HUT RI,Indoensia Merdeka,17 Agustus

Warga Jalan Veteran, RT.07 Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, ketika menggelar syukuran dan potong tumpeng dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI. (Istimewa)

Hal seperti itu harus terus dilakukan, agar para generasi muda, khususnya anak-anak juga memahami makna kemerdekaan secara mendalam
Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat Jalan Veteran RT.07 Kota Palangka Raya menggelar syukuran dengan memotong tumpeng dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Kegiatan itu sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah.

"Kami sengaja menggelar syukuran bersama seluruh masyarakat di Jalan Veteran agar semua bisa mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan negara ini," kata Ketua RT.07 Kelurahan Panarung, Nanang, di Palangka Raya Sabtu.

Kegiatan pemotongan tumpeng itu dilakukan pada Jumat malam, dan selanjutnya selama beberapa hari ke depan dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan untuk memeriahkan HUT ke-74 RI tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa salah satu rangkaian dalam syukuran tersebut sekaligus untuk mengingatkan semua lapisan masyarakat, bahwa perjuangan masih terus berlanjut. Yaitu berjuang dalam mensukseskan dan berkontribusi dalam pembangunan.

"Hal seperti itu harus terus dilakukan, agar para generasi muda, khususnya anak-anak juga memahami makna kemerdekaan secara mendalam. Tidak hanya paham dengan kemeriahan dan lomba-lomba saja, tapi juga ada pesan moral yang harus terus diingat," ucap Nanang.

Sementara itu, Sekretaris RT.07 Misran menjelaskan, kegiatan tersebut karena keinginan bersama masyarakat.

"Kami disini bersama-sama mengumpulkan dana untuk melaksanakan kegiatan tersebut, semua mengapresiasi positif rangkaian yang dilakukan itu," ujar Misran.

Kegiatan masyarakat setempat yang dilaksanakan antara lain, memperbaiki dan menghiasi pintu gerbang masuk Jalan Veteran, kemudian syukuran dengan pemotongan tumpeng, sisanya adalah hiburan bersama melalui perlombaan dan lainnya.

Sementara itu, di beberapa penjuru Kota Palangka Raya juga terlihat banyak masyarakat yang melakukan hal serupa, khususnya menggelar berbagai macam perlombaan untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Perlombaan yang digelar diikuti mulai dari anak-anak sampai orang dewasa yang tidak ingin ketinggalan moment tahunan tersebut.

Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar